--> Skip to main content

Tips Cara Mengatasi Rasa Malas Belajar

Tips Cara Mengatasi Rasa Malas Belajar. Rasa malas adalah kondisi dimana kita merasa jenuh atau bosan ketika ingin melakukan sesuatu hal, misalnya ketika kita ingin belajar kita akan merasa malas karena berbagai hal seperti mata pelajarannya yang tidak disukai ataupun malas karena berbagai masalah yang dialami sehingga kita tidak dapat berkonsentrasi dalam belajar.

Tips Cara Mengatasi Rasa Malas Belajar


Tips Cara Menghilangkan Rasa Malas Belajar

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa malas kita dalam belajar yaitu :


1. Buatlah target dalam hidup kita.

Dengan membuat target,maka kita akan selalu berusaha untuk mengejar target tersebut seperti target kita adalah ingin menjadi juara umum,ingin menjadi seorang yang berprestasi,selain itu dengan target dan semangat kita yang kuat maka kita akan selalu berusaha untuk mengejar target yang ditetapkan tapi perlu diingat tujuan kita belajar adalah mencari apa yang selama ini kita tidak ketahui dan dalam mengejar target kita harus dengan usaha kita sendiri tanpa merugikan orang lain.

Ketika kita mulai malas untuk belajar maka selalu ingat bahwa kita punya target yang harus dikejar maka kita pasti akan bisa mengatasi rasa malas tersebut,disaat kita mulai malas untuk mengambil buku,maka selalu ingat target kita dan ketika malas lagi ingat target kita.


2. Kurangi menggunakan handphone.

Handphone adalah salah satu alat yang membuat kita malas untuk belajar karena terdapat banyak hal yang lebih menarik seperti game ataupun medsos lainya yang akan membuat kita malas untuk belajar, maka bijak bijaklah dalam mengatur penggunaan Hp kalian.


3. Belajarlah secara bertahap dan rutin.

Untuk mengatasi rasa malas belajar kita adalah perlu melakukanya secara bertahap dan rutin setiap hari, misalnya pada hari pertama kita belajarnya bisa fokus 15 menit maka keesokan harinya kita harus berusaha melawan rasa malas belajar kita dengan melakukan belajar selama 30 menit,dengan latihan belajar yang bertahap kita akan bisa berlatih untuk tidak malas dalam belajar.


4. Mengatur waktu belajar.

Aturlah waktu belajar kita sebaik mungkin karena ketika kita tidak mengatur waktu dengan baik maka kita akan menjadi tambah malas dalam belajar oleh sebab itu pergunakan waktu untuk belajar sebaik mungkin dan usirlah rasa malas belajar itu dengan kemauan dan tekad yang kuat.

Belajar memang sangat perlu tapi luangkan waktumu juga untuk keluarga,teman ataupun kegiatan positif lainya agar kita bisa saling seimbang antara belajar dengan kesenangan sehingga kita bisa mengatasi rasa malas belajar.


6. Rajin berolahraga.

Belajar dengan keras memang perlu tapi disaat belajar kita pasti merasa bosan dan malas ini maklum karena kita itu manusia bukan robot yang bisa terus-terusan belajar oleh karena itu gunakan waktu luangmu untuk berolahraga agar otak kita merasa lebih sehat dan segar kembali untuk belajar.

   

7. Belajar sambil mendengarkan musik yang disukai.

Saat belajar mungkin bisa kita imbangi dengan mendengarkan musik yang disukai itu akan membuat kita lebih fokus dalam belajar namun tidak semua orang bisa fokus mendengarkan musik saat belajar akan tetapi mendengarkan musik yang kita sukai akan membuat pikiran kita lebih tenang dan akan berkonsentrasi dalam belajar.


8. Selingi belajar dengan membaca novel atau cerpen.

 Ada saatnya kita tidak harus belajar buku buku pelajaran saja, perlu kita imbangi dengan novel ataupun cerpen sehingga kita tidak bosan dalam belajar dan ketika sebagai manusia memang rasa malas adalah sebuah kondisi yang akan merugikan kita sendiri maka lebih baik gunakan waktu untuk belajar membaca cerpen,novel ataupun buku bacaan yang disenangi.


9. Kurangi interaksi di Media Sosial.

Media sosial adalah salah satu hal yang menyebabkan kita paling malas untuk belajar karena di zaman sekarang baik gambar ataupun berita akan lebih menarik untuk dilihat dari media sosial,maka jika ingin lebih berkonsentrasi dalam belajar hendaknya saat belajar jauhilah media sosial maka kita akan lebih berkonsentrasi dalam belajar.


Demikian informasi yang dapat disampaikan, ini adalah informasi dan untuk mengatasi rasa malas belajar itu tergantung pada diri kita sendiri. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar