--> Skip to main content

Tips Cara Menghilangkan Uban Pada Rambut

Menghilangkan Rambut Beruban


Tips Cara Menghilangkan Uban Pada Rambut. Uban biasanya hanya muncul pada orang yang sudah berusia lanjut. Tumbuhnya uban menjadi penanda bahwa pigmen pada rambut sudah tidak bisa berfungsi dengan baik. 

Oleh karena itu beberapa helaian rambut  pun menjadi berubah warna menjadi abu-abu bahkan putih. Akan tetapi, sekarang ini tumbuhnya uban pun tidak hanya pada orang yang sudah berusia lanjut, bahkan mereka yang berusia muda pun juga sudah memiliki uban.

Penyebab Munculnya Uban Pada Usia Muda

Munculnya uban pada usia muda atau remaja dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Berikut beberapa penyebab uban tumbuh di usia muda yaitu :

1. Faktor Genetika

Penyebab uban tumbuh di usia muda yang pertama adalah faktor genetika. Faktor genetika atau keturunan memainkan peran yang besar terkait pertumbuhan uban.

Jika kalian memiliki orangtua atau kerabat yang ubanan di usia muda, besar kemungkinan rambut kalian juga memutih lebih cepat dibandingkan sebaya lainnya.


2. Efek bahan kimia pada produk perawatan rambut

Penyebab uban tumbuh di usia muda yang kedua adalah bahan kimia. Melansir Medical News Today, paparan sejumlah bahan kimia dalam produk perawatan rambut seperti sampo sampai pewarna rambut dapat memicu uban tumbuh lebih dini.

Salah satu bahan kimia yang bisa merusak rambut adalah hidrogen peroksida. Bahan kimia ini apabila digunakan secara berlebihan bisa mengurangi produksi melanin, sehingga rambut putih bisa muncul di usia muda.


3. Kekurangan vitamin B-12

Penyebab uban tumbuh di usia muda yang ketiga adalah karena tubuh kekurangan vitamin B-12. Uban pada remaja atau rambut putih di usia muda juga bisa disebabkan kekurangan vitamin B-12.

Vitamin ini memainkan peran penting dalam tubuh, termasuk memberikan pasokan energi dan menunjang pertumbuhan rambut yang sehat. Kekurangan vitamin B-12 dapat menyebabkan tubuh mengalami anemia pernisiosa.

Akibatnya, produksi sel darah merah yang bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk ke sel rambut jadi terhambat. Kurangnya asupan oksigen ke rambut dapat melemahkan sel rambut dan mengurangi produksi melanin biang ubanan.


4. Stres

Penyebab uban tumbuh di usia muda yang keempat adalah stres. Stres adalah keniscayaan bagi setiap orang. Siapa saja ada kalanya menghadapi stres.

Dampak stres bisa menyebabkan seseorang jadi susah tidur, gelisah, nafsu makan terganggu, dan membuat tekanan darah jadi naik. Selain itu, stres ternyata juga bisa menjadi penyebab uban di usia muda.

Stres dapat memicu penipisan sel induk di folikel rambut tikus. Stres dapat menguras zat pemberi warna pada rambut.


5. Penyakit Autoimun

Penyebab uban tumbuh di usia muda yang kelima adalah penyakit autoimun. Selain faktor gaya hidup dan keturunan, penyakit autoimun bisa jadi penyebab uban di usia muda.

Gangguan kesehatan ini muncul saat sistem daya tahan tubuh berbalik menyerang sel tubuh. Dalam kasus autoimun alopecia dan vitiligo, sistem kekebalan tubuh dapat menyerang rambut dan menyebabkan hilangnya pigmen pewarna rambut.


6. Gangguan kelenjar Tiroid

Penyebab uban tumbuh di usia muda yang keenam adalah gangguan kelenjar tiroid. Gangguan kelenjar tiroid yang terlalu aktif (hipertiroid) atau kurang aktif (hipotiroid) juga dapat menyebabkan rambut putih tumbuh di usia muda.

Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu, yang terletak di pangkal leher. Kelenjar ini mengendalikan banyak fungsi tubuh, terutama metabolisme sampai mengontrol warna rambut. Kelenjar tiroid yang terlalu aktif atau kurang aktif menyebabkan produksi melanin (pewarna rambut) berkurang.


7. Kebiasaan Merokok

Penyebab uban tumbuh di usia muda yang ketujuh adalah rokok. Berdasarkan studi terpercaya, kebiasaan merokok dapat memicu tumbuhnya uban sebelum usia 30 tahun.

Paparan rokok dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit sampai memengaruhi aliran darah ke folikel rambut. Tak hanya memicu uban, efek jangka panjang paparan rokok juga bisa berbahaya bagi kesehatan jantung sampai paru-paru.


Cara Menghilangkan Uban Secara Alami

Untuk menyingkirkan uban ini, banyak dari Anda yang memilih untuk mencabut begitu saja uban Anda. Tak sedikit pula yang kemudian mengecat rambut menjadi berwarna gelap. Sebenarnya munculnya Uban pada rambut merupakan hal yang lumrah, yang menandakan bertambahnya umur.

Selain mencabuti dan mengecat rambut untuk menghilangkan uban, Anda juga dapat mencoba  hilangkan uban di rambut secara alami. Cara alami menghilangkan uban ini sangat aman tanpa efek samping karena menggunakan bahan alami, salah satunya menggunakan kulit kentang.


Cara Menghilangkan Uban Menggunakan Kulit Kentang

Berikut tips cara untuk hilangkan uban secara alami yang dapat Anda coba yaitu :

  • Siapkan segenggam kulit kentang dan juga dua gelas air putih. 
  • Kemudian masukkan air dan kulit kentang ke dalam wajan, lalu didihkan selama kurang lebih 30 menit.
  • Setelah mendidih, angkat dan biarkan dingin selama lima menit, dan setelah itu saring air rebusan kulit kentang tersebut. 
  • Kini Anda siap menggunakannya pada rambut yang beruban. Jika tidak ada kuas, Anda bisa memasukkan air rebusan ini ke dalam wadah sampo bekas, dan bilas seperti Anda keramas.
  • Dalam hitungan menit, rambut akan lebih gelap, bahkan uban akan berubah menjadi warna rambut aslinya.
Itulah tips cara menghitamkan rambut beruban secara alami menggunakan kulit kentang yang dapat Anda praktekkan sendiri. Jadi Anda tidak perlu repot mencabuti uban satu persatu atau mengecatnya.

--------------------




Tag :
cara menghitamkan ranbut secara alami, cara menghitamkan rambut menggunakan kulit kentang, cara menghilangkan uban dengan kopi, cara menghilangkan uban dengan baby oil, pengalaman menghilangkan uban, cara menghilangkan uban di usia 40, cara menghitamkan rambut uban, cara mengatasi uban agar tidak tumbuh lagi, cara menghilangkan uban dengan minyak zaitun , cara menghilangkan uban dengan lidah buaya

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar