--> Skip to main content

Ternyata Begini Cara Mengetahui Umur Pemakaian Laptop Bekas

Cara Untuk Mengetahui Umur Laptop Bekas Pakai. Saat ini, ditengah era modernisasi, laptop merupakan perangkat komputer yang dapat dibawa kemana pun untuk digunakan sebagai hiburan maupun sarana untuk menunjang pekerjaan khususnya bagi mereka yang sering bepergian.



Laptop tersedia dengan beragam merk , tipe, dan juga desain yang bisa anda pilih. Laptop pun tersedia dengan berbagai pilihan harga mulai dari yang murah hingga yang cukup mahal. 

Laptop murah, mungkin lebih identik dengan laptop kualitas rendah dan begitupun sebaliknya. Bagi sebagian orang mungkin ingin memiiki laptop dengan spek yang sesuai kebutuhan tetapi masalah budget terkadang menjadi kendala bagi mereka. Alhasil, membeli laptop second menjadi cara alternatif untuk bisa mendapatkan laptop impian dengan harga yang murah. 

Untuk membeli laptop bekas tentunya tidak asal membeli saja. Banyak hal yang harus diperhitungkan dan diteliti lagi agar tidak salah dalam membeli. Dan salah satu caranya yaitu dengan mengetahui umur laptop karena umumnya laptop yang berumur tua sudah pasti performanya semakin menurun.

Untuk mengetahui umur laptop, anda bisa coba melihat umur bios dari laptop tersebut. Bila BIOS belum pernah diupdate sebelumnya, maka akan lebih mudah untuk melakukannya, caranya yaitu :

  • Masuk ke Start – RUN.
  • Kemudian ketikan CMD setelah jendela Command Prompt muncul.
  • Selanjutnya ketik systeminfo maka akan muncul beberapa teks. 
  • Perhatikan pada BIOS version, terdapat umur BIOS. Umur BIOS biasanya tidak akan jauh beda dengan umur laptop.






Yang perlu di ingat, tips ini tidak akan berlaku bila BIOS laptop tersebut sudah pernah di update. Namun sangat jarang orang yang mengupdate BIOS mereka, kecuali bagi yang sudah berpengalaman.