--> Skip to main content

Cara Membuktikan Udara Dapat Ada Dalam Air

Cara Membuktikan Udara Dapat Ada Dalam Air


Benarkah Udara Ada Dalam Air? Untuk mengetahui Jawaban dari Pertanyaan diatas mari buktikan dengan melakukan eksperimen berikut ini.


Alat dan Bahan yang diperlukan :

  1. Baskom.
  2. Gelas.
  3.  Air.

Alat dan Bahan yang diperlukan

Langkah-langkah Percobaan :

  • Masukkan air ke dalam gelas sampai setengahnya.
  • Isi baskom dengan air.
  • Masukkan gelas dalam keadaan terbalik ke dalam baskom yang berisi air.
Masukkan gelas dalam keadaan terbalik ke dalam baskom yang berisi air
  • Perhatikan air dalam gelas, kemudian miringkan.
Perhatikan air dalam gelas, kemudian miringkan.


  • Lihat apa yang keluar dari gelas.


Hasil Percobaan:

Ketika gelas dimiringkan di dalam air, keluarlah gelembung udara. Gelembung udara tersebut merupakan gelembung udara yang terperangkap dalam gelas. Dari percobaan ini kita juga telah membuktikan bahwa udara memiliki tekanan. Pada saat kita menekan gelas ke dalam air, udara dalam air akan memberikan tekanan.

Kita dapat melihat gelembung-gelembung udara dalam air ketika air tersebut dipanaskan. Udara juga dapat dilihat ketika kita menuangkan air ke gelas lain yang masih kosong. Walaupun udara atau oksigen ada dalam air, tetapi manusia tidak dapat bernapas di dalam air. Jika menyelam, kita harus menggunakan tabung udara yang berisi oksigen. Oleh karena itu, para penyelam selalu menggunakan tabung oksigen untuk bernapas di dalam air.


Itulah penjelasan kenapa udara ada dalam air. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan pembaca dalam dunia ilmu pengetahuan.



sumber : wawasankoe.blogspot.com

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar