--> Skip to main content

Cara Membuat Dimsum Jiaozi

Bahan (untuk 15 buah):    100 gram daging sapi giling 4 lembar daun kol 1 siung bawang putih, cincang halus 1/2 sendok teh merica bubuk 1/4 ruas jahe, cincang halus 1 sendok makan minyak wijen 1 sendok saus tiram 15 lembar kulit dimsum (resep bisa dilihat di sini) 1 sendok makan tepung tapioka, larutkan dengan 2 sendok makan air garam secukupnya 1 sendok makan minyak goreng 250 ml air    Saus:  4 sendok makan kecap asin 1 sendok teh cuka 1 sendok makan minyak cabai (dibuat dari cabai yang digoreng dengan minyak dan disaring)    Cara membuat dimsum jiaozi:    Iris halus dan cincang kol, taburi sesendok teh garam, lalu diamkan selama 15 menit. Tiriskan, bungkus dengan kain serbet bersih. Peras kol perlahan sampai semua cairannya keluar, kemudian sisihkan. Campur daging giling, kol, bawang putih, merica, jahe, saus tiram, minyak wijen, dan garam. Siapkan kulit dimsum, isi dengan sesendok teh adonan daging. Lipat hingga membentuk bulan sabit, lalu rekatkan dengan larutan tepung tapioka. Olesi permukaan dimsum dengan minyak. Siapkan panci kukusan yang sudah diisi air dan dipasang sarangan. Setelah itu alasi dengan daun pisang atau aluminium foil. Tata jiaozi di atasnya dan kukus sampai matang. Ketika jiaozi hendak disajikan, siapkan wajan antilengket. Olesi sedikit minyak goreng, kemudian tata jiaozi di atasnya. Masak sampai bagian dasarnya renyah dan berwarna keemasan. Campur semua bahan saus, kemudian sajikan bersama jiaozi yang baru matang. Demikian cara membuat dimsum jiaozi kenyal dan gurih yang jadi sajian khas Imlek.

Cara Membuat Dimsum Jiaozi



Dim sum merupakan istilah dari bahasa Kantonis dan artinya adalah "makanan kecil". Biasanya dim sum dimakan sebagai sarapan atau brunch. Namun karena dimsum populer ke dunia dari Hongkong maka istilah dimsum lebih populer dibandingkan dianxin.

Dimsum terdiri dari berbagai macam penganan kecil-kecil yang biasanya merupakan makanan bersama teh. Orang Kanton sendiri sangat mementingkan acara minum teh yang disebut yamcha (Hanzi: 飲茶, hanyu pinyin: yincha).


Bahan Membuat Dimsum Jiaozi


Bahan (untuk 15 buah):


  • 100 gram daging sapi giling
  • 4 lembar daun kol
  • 1 siung bawang putih, cincang halus
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 ruas jahe, cincang halus
  • 1 sendok makan minyak wijen
  • 1 sendok saus tiram
  • 15 lembar kulit dimsum (resep bisa dilihat di sini)
  • 1 sendok makan tepung tapioka, larutkan dengan 2 sendok makan air
  • garam secukupnya
  • 1 sendok makan minyak goreng
  • 250 ml air


Saus:

  • 4 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok teh cuka
  • 1 sendok makan minyak cabai (dibuat dari cabai yang digoreng dengan minyak dan disaring)


Cara membuat dimsum jiaozi



  1. Iris halus dan cincang kol, taburi sesendok teh garam, lalu diamkan selama 15 menit. Tiriskan, bungkus dengan kain serbet bersih. Peras kol perlahan sampai semua cairannya keluar, kemudian sisihkan.
  2. Campur daging giling, kol, bawang putih, merica, jahe, saus tiram, minyak wijen, dan garam.
  3. Siapkan kulit dimsum, isi dengan sesendok teh adonan daging. Lipat hingga membentuk bulan sabit, lalu rekatkan dengan larutan tepung tapioka.
  4. Olesi permukaan dimsum dengan minyak. Siapkan panci kukusan yang sudah diisi air dan dipasang sarangan. Setelah itu alasi dengan daun pisang atau aluminium foil. Tata jiaozi di atasnya dan kukus sampai matang.
  5. Ketika jiaozi hendak disajikan, siapkan wajan antilengket. Olesi sedikit minyak goreng, kemudian tata jiaozi di atasnya. Masak sampai bagian dasarnya renyah dan berwarna keemasan.
  6. Campur semua bahan saus, kemudian sajikan bersama jiaozi yang baru matang.
  7. Demikian cara membuat dimsum jiaozi kenyal dan gurih yang jadi sajian khas Imlek.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar