--> Skip to main content

Cara Membuat Perangkap Ikan Bubu


Cara Membuat Perangkap Ikan Bubu


Cara Membuat Perangkap Ikan Bubu - Cara membuat penangkap ikan dengan perangkap jenis bubu memang sudah ada sejak jaman nenek moyang kita dan masih banyak yang menggunakan cara ini untuk menangkap ikan  hingga saat ini.

Alat perangkap ikan memang banyak sekali jenisnya, salah satunya yaitu jenis perangkap ikan yang terbuat dari bambu atau lebih dikenal dengan nama 'Bubu'. 

Cara menangkap ikan menggunakan bubu membutuhkan waktu yang relatif lumayan lama, karena saat menggunakannya harus ditinggal dahulu beberapa waktu lumayan lama, sampai dikira-kira ikan sudah masuk dan terperangkap dalam bubu.

Cara kerja dari perangkap ikan Bubu ini adalah dengan membuat dua buah kurungan atau sekat, yakni kurungan kecil sebagai pintu masuk utama dan kurungan besar sebagai 'penjara'-nya. Lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.




Pada kurungan kecil mempunyai lubang masuk yang luas pada sisi luar, semakin kedalam maka lubang semakin kecil / mengerucut. Ketika ikan berhasil masuk melalui pintu utama, maka ikan akan terperangkap di dalam kurungan dan tidak bisa keluar lewat pintu masuk yang kecil tersebut.


Cara Membuat Perangkap Ikan Dari Bambu Alias Bubu

Untuk membuat bubu yang pertama dilakukan adalah menyiapkan bahannya terlebih dahulu.

Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Bubu: 

  • Batang bambu (dipotong panjang dan tipis)
  • Tali

Proses Cara Membuat Bubu :

1. Siapkan Batang bambu, Bilah menjadi potongan potongan kecil sepanjang satu meter atau sesuai dengan panjang bubu ikan yang diingkan.

2. Potongan bambu tersebut di bilah kecil kecil dan di haluskan menggunakan pisau.

3. Buat dulu beberapa lingkaran dengan menggunakan potongan bambu tadi. Banyak dan besarnya lingkaran disesuaikan dengan panjang dan besar bubu yang diinginkan.

4. Rangkai Bilah Bilah bambu yang panjang mengelelingi lingkaran bambu yang sudah dibuat tadi dan di anyam menggunakan tutus bambu atau tali.




5. Bubu siap digunakan untuk menangkap ikan di sungai ataupun di laut (tergantung ukurannya).




Itulah cara singkat cara pembuatan perangkap ikan yang bernama bubu. Bentuk Bubu dari setiap daerah berbeda-beda namun cara kerjanya tetap sama.

Agar selalu update tutorial lainnya silahkan follow twitter kami di @monstutordotcom

*************