--> Skip to main content

Cara Memperbaiki Handphone yang Suka Mati dan Restart Sendiri

Cara Memperbaiki Handphone yang Suka Mati dan Restart Sendiri- Cara memperbaiki HP yang suka mati dan restart dengan sendirinya.




Monstutor.com - Apakah Anda mengalami HP yang lagi enak-enak dipakai, tiba-tiba malah mati sendiri atau restart sendiri ?. Hal ini tentu saja menjengkelkan. Masalah Handphone mati sendiri dapat terjadi di semua merk dan tipe HP.


Penyebab Handphone Suka Mati Sendiri .


Faktor yang bisa menjadi  penyebab HP mati sendiri adalah :

  • Status Baterai Error. Kondisi baterai masih 80%, padahal sebenarnya kapasitas tersisa tinggal 4%. Ini bisa menyebabkan HP sering mati sendiri walau padahal baterai terlihat masih banyak.
  • Sistem Crash. Biasanya diawali dulu dengan kerja HP yang macet, lag, dan sejenisnya, sebelum akhirnya mati. Penyebabnya bisa karena sistem tidak stabil, atau RAM yang sudah terlalu penuh.
  • Baterai HP Rusak. Baterai yang rusak atau sudah tua, bisa membuat HP suka mati sewaktu dipakai.
  • HP overheat. Kondisi di mana chipset (komponen HP) yang temperaturnya terlalu panas. HP sengaja dimatikan oleh sistem, bertujuan agar tidak ada kerusakan oleh suhu ekstrim yang ada.
  • Efek Samping Root. Rooting HP Android memang bisa mendatangkan banyak manfaat. Namun di sisi lain, ada juga resiko yang mungkin terjadi. Termasuk beresiko membuat HP mati, seperti yang sedang kita bahas kali ini.
  • Ada Komponen Rusak. Untuk komponen spesifiknya apa, ini bisa berbeda-beda. Bisa dari yang ringan seperti konektor baterai, sampai masalah komponen IC.


Cara Memperbaiki Handphone yang Suka Mati dan Restart Sendiri.


Berikut ini merupakan beberapa cara untuk memperbaiki HP yang suka mati atau restart dengan sendirinya yang dapat Anda coba yaitu :


1. Perbaiki Status Baterai yang Error.
masalah HP yang suka mati tiba-tiba ini bisa disebabkan karena status baterai yang ditampilkannya, berbeda dengan isi baterai tersisa secara real-nya.

Hal ini jelas bisa menyebabkan Android mati sendiri secara tiba-tiba, ketika isi baterai sebenarnya sudah habis. Cara mengatasinya Anda bisa melakukan kalibrasi baterai dengan aplikasi yang bisa didapat di Google Playstore. Berikut caranya :


  • Pertama, silakan download aplikasi Battery Calibration di Playstore.
  • Kemudian buka aplikasinya.
  • Silakan charge baterai hingga 100 persen.
  • Setelah baterai terisi penuh, jangan dicabut dulu kabel charger-nya. Silakan lakukan kalibrasi pada aplikasi yang masih terbuka tadi.
  • Terakhir, baru bisa cabut kabel charger HP-nya.


Status baterai error ini memang jarang terjadi. Tapi kadang muncul dalam keadaaan tertentu, seiring lamanya pemakaian HP. 
Dengan melakukan kalibrasi, status baterai pada sistem akan disesuaikan kembali, sehingga bisa menampilkan data yang lebih akurat. Kalibrasi ini fungsinya untuk memperbaiki status baterai HP yang error, bukan untuk membuat baterai HP menjadi lebih hemat.





2. Perbaiki Sistem HP yang Crash.
Sistem yang dimaksud di sini, adalah ROM yang terinstal pada HP. Ada 3 cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini, di antaranya:


  • Update Sistem: Pembaruan untuk sistem, biasanya dirilis oleh vendor HP dalam sekian waktu sekali. Fungsinya untuk membuat sistem jadi lebih stabil, dan menambahkan beberapa fitur-fitur baru. Untuk caranya : Setelan > Tentang > Update.
  • Rollback Sistem: Rollback ini kebalikan dari update. Kalau “update” berarti memperbarui, sedangkan “rollback” berarti mengembalikan sistem ke versi lama. Lakukan hal ini jika masalah sistem crash terjadi setelah sistem di-update.
  • Reset Pabrik: Sekitar 80% masalah sistem, bisa diatasi dengan cara me-reset HP. Fungsinya untuk mengembalikan pengaturan HP ke kondisi awal, sehingga sistem bisa jadi stabil kembali. Caranya yaitu : Setelan > Cadangkan dan Setel Ulang > Kembalikan HP ke Pengaturan Pabrik.



3. Bersihkan Chache.
Saat HP Android digunakan, secara otomatis akan menyimpan cache. File cache ini lama kelamaan akan semakin menumpuk, dan akhirnya akan memperberat kinerja HP.

File sampah paling banyak didapat dari aplikasi dan browser. Jadi, penumpukan cache yang berlebih ini sangat wajar, apabila Anda sering memakai browser atau aplikasi media sosial.

Untuk membersihkannya tidak begitu sulit. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, di antaranya sebagai berikut:

  • Cara Pertama: Silakan pergi ke Settings > Apps > Cari aplikasi yang ingin dibersihkan cache-nya (Pilih yang sering dipakai) > Kemudian klik Clear Cache.
  • Cara Kedua: Anda bisa mencoba membersihkan file sampah dengan aplikasi pihak ketiga (aplikasi cleaner).
  • Cara ketiga: Bisa juga dengan me-reset HP ke pengaturan pabrik menggunakan cara yang telah saya bahas sebelumnya.
Optimalisasi file sampah ini harus dilakukan secara rutin. Minimal 2 minggu sekali. Tapi kalau HP sering dipakai untuk pekerjaan berat, lakukan seminggu sekali.


4. Gunakan Aplikasi Pembersih RAM.
Pasang jenis aplikasi yang berguna untuk mengoptimalisasi RAM secara otomatis agar tidak terlalu penuh. Tetapi, jika Anda bisa mengatur aplikasi-aplikasi yang berjalan secara manual, maka pembersih RAM tidak diperlukan lagi.

Tapi lain halnya kalau Anda tidak paham mengenai apa saja aplikasi yang berjalan, sisa kapasitasnya, atau bahkan tentang RAM itu sendiri. Jika demikian, Anda bisa coba pakai aplikasi pembersih RAM ini. Aplikasi ini dapat Anda temukan di Playsore.



5. Scan Menggunakan Antivirus.
Virus merupakan hal yang jarang muncul di HP, tetapi guna mengatasi kemungkinan adanya virus yang menjadi penyebab HP Anda mati sendiri coba scan menggunakan Antivirus. Aplikasi ini tersedia di Playstore.


6. Periksa Bagian konektor.
Konektor ini bentuknya seperti per berwarna kuning keemasan, dan terletak di ujung tempat bertemunya dengan kuningan pada baterai. Jangan sampai ada karat atau kotoran yang menempel, karena bisa mengganggu penghantaran listrik antar baterai.




7. Ganti Baterai HP.
Apabila HP masih mengalami restart sendri atau mati, Ccba ganti baterai HP Anda dengan yang baru. Atau untuk meyakinkannya atau mengeceknya, gunakan baterai HP punya siapa saja yang tipenya sama. Apabila hasilnya tidak mati berarti penyebab utamanya adalah baterai HP Anda yang telah rusak. Segera ganti baterai HP Anda dengan yang baru.



Itulah beberapa cara mengatasi HP mati sendiri yang dapat Anda coba. Apabila HP Anda masih mengalami mati sendiri atau restart sendiri setelah mencoba semuya cara-cara di atas berarti ada bagian atau komponen HP Anda yang rusak. Silahkan lakukan pengecekan dan perbaikkan di tempat service handphone kepercayaan Anda.

********


Tag: cara mengatasi hp mati sendiri dan tidak bisa hidup, cara mengatasi hp mati hidup sendiri, cara mengatasi hp restart berulang ulang, cara mengatasi hp samsung mati sendiri, hp sering mati sendiri padahal baterai masih banyak, cara mengatasi hp mati hidup sendiri baterai tanam, cara mengatasi hp hidup sendiri, cara mengatasi hp mati total.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar