--> Skip to main content

Cara Mengatasi Wifi Terhubung Tapi Tidak Bisa Akses Internet


Cara Mengatasi Wifi Terhubung Tapi Tidak Bisa Akses Internet  - Apabila kamu mengalami  kejadian dimana smartphone dan laptop terhubung ke jaringan wifi namun ketika hendak dipakai untuk browsing tidak bisa. 

Wifi Terhubung Tapi Tidak Bisa Akses Internet  memang sering terjadi. Penyebabnya pun beragam, entah wifi yang dalam keadaan greyed out atau disabled, gagal routing ke gateway, hingga infeksi malware.

Jangan khawatir,  ketika menemui masalah seperti ini karena kali ini akan dibahas cara mengatasi wifi terhubung tapi tidak bisa akses internet.

Cara Mengatasi Wifi Terhubung Tapi Tidak Bisa Akses Internet Di Smarphone Android.


Cara untuk mengatasi Wifi terhubung tapi tidak bisa mengakses Internet pada Smartphone Android yaitu :


    1. Gunakan fitur “Forgot Network” .
    Salah satu penyebab wifi tidak bisa koneksi yaitu password dari wifi tersebut mungkin saja sudah diganti. Sedangkan, Android Anda masih menyimpan password wifi yang lama. Karena password nya berbeda, android Anda tentu tidak bisa terkoneksi dengan wifi.

    Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu memasukkan password baru wifi yang akan digunakan dengan menggunakan fitur “forgot network” (lupa jaringan). Bagaimana cara menggunakan fitur tersebut? Berikut langkah-langkahnya dibawah ini.

    • Ketuk menu Settings > WLAN > Wifi yang diinginkan > Forgot Network .
    • Kemudian, ketuk kembali wifi tersebut lalu masukkan password wifi yang baru dan ketuk Connect.
    • Jika permasalahannya adalah adanya perubahan password, maka cara ini akan mampu menyelesaikannya.


    2. Restart Android.
    Restart  android dipercaya mampu mengatasi berbagai macam bug atau error seperti wifi yang tidak bisa digunakan browsing meskipun sudah tersambung. Anda dapat menggunakan cari ini ketika masalahnya bukan terletak pada perubahan password wifi. Restartlah android Anda kemudian sambungkan wifi kembali. Jika cara ini tidak berhasil, cobalah cara lain pada penjelasan dibawah ini. Baca juga : Benda yang dapat memperkuat sinyal hp



    3. Sesuaikan pengaturan waktu.
    Cara lain untuk mengatasi masalah wifi ini adalh adanya pengaturan waktu dan tanggal yang salah. Anda harus memastikan bahwa pengaturan waktu dan tanggal pada Android Anda, benar atau sesuai. Misalnya, saat ini adalah bulan Januari tetapi pada android Anda menunjukkan bulan Maret. Pengaturan yang tidak sesuai seperti itulah yang membuat Wifi tidak bisa digunakan pada android Anda.

    Solusinya adalah dengan menyesuaikan ulang pengaturan tanggal dan waktu pada android Anda. Caranya :

    • Ketuk menu Settings > Date & time.
    • Kemudian centang pilihan “Automatic date & time”.
    • Secara otomatis, pengaturan tanggal dan waktu Anda akan disesuaikan dengan tanggal dan waktu sebenarnya secara otomatis.


    4. Hapus Cache Data.
    Solusi lainnya adalah dengan membersihkan cache data pada Android Anda baik pada aplikasi, game, browser dan aplikasi lainnya.  Untuk membersihkannya secara bersamaan, ikuti langkah-langkah membersihkan cache wifi dibawah ini.

    • Ketuk menu Settings > Storage > Cached data.
    • Setelah muncul pop-up Clear catched data, ketuk tombol OK.



    5. Nonaktifkan Antivirus pada Android.
    Untuk melindungi android Anda dari virus, Anda dapat menggunakan aplikasi antivirus android terbaik yang tersedia. Tetapi, antivirus bisa saja memblokir jaringan internet dari wifi yang tidak dikenali, karena peran antivirus adalah untuk melindungi jaringan ketika Anda terkoneksi dengan internet baik dari data seluler, wifi, dan hotspot. Mungkin saja, penyebab Anda tidak menggunakan wifi untuk internet-an padahal sudah tersambung karena antivirus tersebut. Coba matikan atau nonaktifkan terlebih dahulu anti-virus Anda lalu gunakan kembali wifi Anda. Jika berhasil, maka masalah Anda terletak pada anti-virus.




    6. Gunakan Aplikasi Wifi Fixer.
    Jika cara-cara diatas masih belum berhasil, Anda dapat menggunakan aplikasi Wifi Fixer pada android. Pertama, Anda harus menginstall aplikasi tersebut pada android Anda melalui Google Play atau Play Store. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengatasi beberapa masalah yang berkaitan dengan wifi seperti wifi terhubung namun data internet tidak bisa digunakan. Cara kerja aplikasi ini adalah menganalisa jaringan wifi, mempercepat koneksi wifi, dan memperkuat penerimaan sinyal wifi android.




    7. Gunakan Custom ROM.
    Jika Anda sudah mencoba semua cara diatas, dan masih belum berhasil juga maka yang mungkin menjadi penyebabnya adalah sistem atau ROM android Anda sedang bermasalah. Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan Custom ROM. Cara ini dapat disebut sebagai cara yang paling ekstrim karena akan menghapus sistem lama android Anda kemudian menggantinya dengan Custom ROM.



    Wifi Terhubung Tapi Tidak Bisa Akses Internet  PC/ Laptop.


    Cara untuk mengatasi Wifi terhubung tapi tidak bisa mengakses Internet pada Laptop/PC yaitu :


    1. Restart Laptop atau Desktop.
    Kalau internet Anda awalnya normal, lalu tiba-tiba nggak bisa terhubung, coba Restart saja dulu PC / Laptopnya. Ini biasanya cukup membantu lho. Terutama ketika Komputer sudah dipakai dalam waktu yang lama.


    2. Cek Provider yang dipakai.
    Baik jika memakai jaringan seluler maupun WIFI, tentunya Anda harus menyewa paket internet dari Provider dulu. Nah, dan seperti yang saya bilang tadi.. Masalah gangguan adalah hal yang biasa terjadi di waktu tertentu. Terutama ketika sedang ada pemeliharaan jaringan. Solusi untuk hal ini, coba hubungi dulu Provider Anda, tanyakan apakah sedang ada gangguan? Karena biasanya selain bisa mendapat informasi, kita juga bisa dibantu Providernya, agar akses internet Anda bisa normal kembali.


    3. Setting Proxy.
    • Buka Control Panel
    • Masuk ke Network And Internet
    • Masuk ke Internet Options
    • Klik tab Connection
    • Klik tombol LAN Settings
    • Lalu hilangkan centang pada kolom Proxy Server.

      4. Pastikan Pengaturan Browser Sudah Benar.
      Pengaturan browser bawaannya sih sudah tersetting. Tapi kadang bisa berubah sendiri tanpa kita sadari. Misalnya, habis menginstall Add-on tertentu.

      • Coba masuk ke pengaturan Network pada Browser (Kalau Firefox di Tools > Options.
      • Klik Settings pada Kolom jaringan.
      • Pastikan setting Proxy disana sudah dihilangkan centangnya.


      5. Setting DNS Jaringan.
      Di Windows, ada banyak sekali pengaturan jaringan yang bisa kita setting. Salah satunya ialah DNS. DNS ini kalau kita terhubung ke Internet, biasanya sudah tersetting otomatis. Tapi, kalau Anda mengalami internet tidak bisa terhubung padahal sudah konek, coba setting lagi pengaturan ini. Caranya :
      • Buka Control Panel
      • Masuk ke Network And Internet
      • Buka Network And Sharing Center
      • Klik Change Adapter Settings
      • Klik kanan koneksi yang dipakai
      • Klik Properties pada TCP/IPv4
      • Lalu setting DNS menjadi 8.8.8.8 dan 8.8.4.4.
      • Kalau sudah, disconnect internet Anda, lalu sambungkan lagi.

      6. Lakukan Flush DNS.
      Singkatnya Flush DNS ini berfungsi untuk mengatur ulang, informasi pada domain yang dituju. Baik itu nameserver dan sejenisnya dengan data terbaru. Caranya:

      • Pada kolom Search > Ketik CMD > Lalu buka > Ketik lagi ipconfig /flushdns > Tekan Enter > Terakhir Restart.


      7. Lakukan Troubleshoot Jaringan Otomatis.
      Caranya buka Control Panel > Network And Internet > Network And Sharing Center > Klik Troubleshoot Problem > Lalu pilih jenis masalah yang Anda alami.



      8. Update Driver Perangkat Internet.
      Caranya, pada kolom search > Ketik Device Manager > Cari Driver internet yang biasa Anda pakai > Klik kanan > Lalu klik Update Driver Software.



      9. Reset Modem / Router.
      Apabila sudah melakukan semua cara di atas tetapi belum bisa browsing bisa jadi masalahnya terdapat pada modem, bukan pada laptop atau desktop. Silahkan Reset Modem / Router yang Anda gunakan.






        Tag: cara mengatasi wifi terhubung tapi tidak bisa akses internet di laptop, wifi terhubung tapi tidak bisa koneksi internet, wifi tersambung tapi tidak bisa internet di hp oppo, cara mengatasi wifi menolak akses, wifi tersimpan tapi tidak terhubung, cara mengatasi wifi indihome tidak ada internet, wifi tersambung tapi tidak bisa internet di hp xiaomi, wi-fi terhubung tidak ada internet di smart tv.
        Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
        Buka Komentar
        Tutup Komentar