--> Skip to main content

Cara Mengetahui Password Gmail Yang Lupa

Cara Mengetahui Password Email Gmail Yang Lupa  - Tidak jarang orang memiliki akun Gmail lebih dari satu, baik itu kepentingan bisnis, syarat mendaftar akun sosial media, game, registrasi di berbagai website dan lain-lain.Tidak jarang pula dengan banyak akun gmail tersebut mempunyai password atau kata sandi yang berbeda pula. Dengan berbeda-bedanya kata sandi tersebut terkadang menjadikan sesorang lupa akan password Gmailnya satu persatu, terutama yang sering lupa passwordnya adalah password yang jarang digunakan.

Ketika hendak digunakan akan didapati bahwa bahwa kata sandi yang dimasukkan dalam kolom password ternyata salah. Jika mendapati kejadian seperti itu tentunya akan membuat kita bingung. Tapi tenang saja berikut ini ada beberapa cara yang dapat dijadikan panduan untuk bagaimana cara mengetahui password gmail yang lupa.


Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui password email Gmail Anda yang lupa. Cara-cara tersebut, antara lain:


1. Cara Mengetahui password email yang lupa via " Lupa Sandi? "


Cara Mengetahui Password Gmail Yang Lupa


Untuk mengetahui password Gmail Anda yang lupa melalui  link "lupa sandi?" Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:
  • Klik  link "Lupa Sandi ?"
  • Setelah itu, Anda akan ditujukan pada halaman berikutnya. Di sana Anda harus menuliskan alamat email yang passwordnya lupa. Selanjutnya klik “kirim”.
  • Selanjutnya Anda akan masuk ke halaman “Bantuan Akun Untuk ****@mail”. Di sini Anda akan melihat tanda captcha berupa karakter. Anda harus menulis ulang tanda capta tersebut pada kolom yang disediakan.
  • Setelah itu, Anda akan masuk ke halaman “Bantuan Akun”. Di sana akan ada dua pilihan, yaitu pesan text (SMS) dan panggilan telepon otomatis. Kali ini Anda sebaiknya memilih pesan text (SMS).
  • Tunggu beberapa saat dan Anda akan mendapatkan pesan text (SMS) yang berisi kode verifikasi.
  • Kemudian masukkan kode tersebut pada halaman “Bantuan akun”, pada kolom yang disediakan.
  • Setelah menyelesaikan langkah ini, Anda akan mendapatkan pemberitahuan bahwa Anda berhasil menyetel ulang password Anda.



2. Mengetahui password Gmail yang lupa melalui Google Account Recoverry.




Cara mengetahui password email yang lupa melalui Google Account Recoverry adalah sebagai berikut:
  • masuk ke halaman https://www.google.com/accounts/recovery/.
  • Selanjutnya, Anda akan terhubung pada halaman “Having trouble signing in?” Di sana akan ada 3 pilihan, yaitu I don’t know my password, I don’t know my username, dan I’m having other problems signing in.
  • Kemudian pilih I don’t know my password, kemudian klik “continue”.
  • Setelah itu, akan muncul halaman “Account Help”. Di sana akan ada tulisan “Enter the last password you remember”, kemudian ada pilihan continue dan I don’t know.  Silahkan Anda pilih " I don’t know. "
  • Langkah berikutnya, Anda akan masuk ke halaman “Account help” dengan 2 pilihan, yaitu a text message (SMS) dan an automated phone call.  Sebaiknya Anda memilih a text message (SMS), lalu klik continue.
  • Anda akan mendapat pesan (SMS) yang berisi kode verifikasi.
  • Masukkan kode verifikasi tersebut pada kolom yang disediakan dan klik continue.
  • Kemudian, Anda akan masuk ke halaman “Set ulang sandi” Di sini Anda harus menuliskan password baru Anda dan klik “ubah sandi”.


3. Mengetahui Password Gmail Yang Lupa Lewat Google Chrome.


Cara mengetahui password email gmail ini juga dapat dilakukan melalui  browser Google Chrome. Untuk caranya sebagai berikut :


  1. Buka menu setelan atau setting di browser Chrome.
  2. Nantinya akan muncul sebuah menu baru lalu klik menu Show Advanced Settings - Manage Passwords.
  3. Setelah itu akan muncul menu baru yang menampilkan semua informasi akun yang tersimpan di Google Chrome. Anda tinggal search email yang ingin diketahui passwordnya.
  4. Jika muncul email yang lupa password, baru anda klik show pada bagian passwordnya. Nantinya chrome akan memunculkan password email yang anda lupa tersebut.


4. Mengetahui Password Email Yang Lupa Lewat  Google Play Store.


Cara mengetahui password email ini melalui Hp android. Dimana password Gmail yang lupa tersebut disimpan secara otomatis pada Hp android. untuk caranya sebagai berikut ini :


  • Buka Google Play Store lalu pilih menu Account 
  • Setelah itu pilih menu Payment Methods dan terakhir baru anda pilih gunakan pembayaran dengan menggunakan operator seluler
  • Selanjutnya anda ubah menu pengaturan yang ada di Google Play Store. Caranya lewat menu settings lalu pilih menu Require Authentication For Purchases dan pilih For All Purchase Through Google Play On This Device.
  • Lalu baru anda cari sebuah aplikasi yang berbayar hanya untuk bisa mengganti password email yang lupa password. Jika sudah ketemu aplikasi yang berbayar, baru anda klik beli.
  • Jika sudah, akan muncul menu yang anda disuruh untuk memasukkan password Google Play Store. Anda pilih Forgot Password.


Itulah cara-cara mengetahui password email Gmail yang lupa. Anda dapat menggunakan salah satu cara yang menurut Anda paling mudah dilakukan. (rdzt)



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar