--> Skip to main content

Cara Mengonsumsi Chia Seed Yang Kaya Manfaat Bagi Tubuh

Cara Mengonsumsi Chia Seed Yang Kaya Manfaat Bagi Tubuh




Cara Mengonsumsi Chia Seed Yang Kaya Manfaat Bagi Tubuh - Meskipun rasanya  hambar, Namun kandungan gizi pada biji chia atau Chia seed sangat banyak dan tentunya bermanfaat bagi tubuh. Lalu bagaimana cara untuk mengonsumsi biji Chia tersebut ?

Kandungan pada biji chia meliputi air, serat, protein, kabohidrat, asam lemak omega-3, asam lemak omega-6, dan sejumlah vitamin dan mineral seperti vitamin A dan B, kalsium, mangan, fosfor, selenium, kalium, zinc, zat besi, magnesium, dan tembaga.

Selain itu chia seed juga mengandung antioksidan kuat, seperti asam klorogenik, asam caffeic, quercetin, dan kaempferol. Senyawa antioksidan ini berperan penting dalam membantu tubuh memerangi penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker.

Salah satu manfaat chia seed ini bisa menurunkan berat badan dan memelihara kesehatan jantung. Dengan begitu kamu bisa mengonsumsi biji chia setiap hari.

Untuk mendapatkan manfaat dari biji chia dengan mengonsumsinya Anda harus merendam biji chia terlebih dahulu  selama beberapa menit agar biji chia menjadi lebih lunak dan mudah untuk dikonsumsi.

Selain dimakan langsung, cara lain untuk mengonsumsi chia seed juga bisa dicampur dengan berbagai jenis makanan lain. Berikut cara lain untuk mengonsumsi biji chia :


1. Mengonsumsi Chia Seed dengan jus.
Chia seed juga kamu campurkan ke dalam jus. Caranya bisa kamu campurkan saat diblender atau sebagai topping jus. Cara ini membuat jus kamu lebih nikmat.


2. Mengonsumsi Chia Seed dengan smoothie.
Biji chia yang kecil bisa menjadi topping apa saja, termasuk smoothie. Tekstur biji chia bisa membuat smoothie kamu lebih bervariasi.


3. Mengonsumsi Chia Seed dengan Oatmeal.
Mengosumsi oatmeal tidak melulu dengan topping buah loh ternyata. Chia Seed juga cocok kamu jadikan teman makan oat kamu. Caranya kamu cukup menaburkan biji chia pada oat dan santap.


4. Mengonsumsi Chia Seed dengan Pudding.
Membuat pudding dengan topping buah memang sudah sering dibuat. Cobalah mencampurkan chia seed ke dalam pudding, bentuk yang menyerupai biji selasih ini juga cocok sebagai campuran pudding. Caranya kamu tinggal memasukkan biji chia kedalam adonan pudding, tunggu hingga mengeras dan kamu bisa menikmatinya.


5. Mengonsumsi Chia Seed dengan Selai.
Ingin makan roti namun bosan dengan selai yang itu-itu saja? Tenang, chia seed bisa kamu gunakan sebagai teman selai. Caranya kamu hanya mencampurkan biji chia dengan selai lalu oleskan ke roti atau dimakan langsung.







Tag: cara menggunakan chia seed untuk infused water, waktu yang tepat untuk minum chia seed, cara mengkonsumsi chia seed untuk bayi, cara minum chia seed saat puasa, efek samping chia seed, review diet dengan chia seed, berapa kali sehari minum chia seed, apakah chia seed harus direndam.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar