--> Skip to main content

Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Cara mengatasi wajah berminyak dan kusam sebenarnya mudah dan tidak ribet namun merawatnya itulah yang butuh ketelatenan dan konsistensi. 


Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Monstutor.com. Wajah berminyak, bagaimanapun juga membuat wajah terlihat kurang menarik. Terkadang salah dalam memilih produk kosmetik justru memperparah kondisi kulit wajah, bukanya mengatasi minyak berlebih pada wajah  justru membuat wajah menjadi kusam dan rusak misalnya berjerawat.


Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak Secara Alami

Ada beberapa cara ampuh untuk mengatasi kulit wajah berminyak dan kusam, anda tidak perlu mencoba setiap tips yang dishare di internet. Cara ini adalah cara alami yang sudah banyak dibuktikan banyak orang, cukup dengan membuat masker apel plus. Anda bisa membuktikan, hanya dalam beberapa hari anda akan dapat mengatasi minyak berlebih pada wajah dan tidak terlihat kusam lagi.


Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak Menggunakan Apel

Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak Menggunakan Apel

Apel menjadi solusi yang mudah, dengan memanfaatkannya sebagai masker wajah alami. Senyawa anti lemak yang terkandung pada buah apel dapat dimanfaatkan untuk membantu mengatasi wajah berminyak dan kusam. 

Cara ini menjadi pilihan karena tidak menyebabkan rasa gatal atau perih. Sehingga sangat cocok juga dipakai untuk wajah yang masih mengalami jerawat.

Berikut ini adalah cara mengatasi wajah berminyak dan kusam dengan membuat masker apel, simak caranya :

  • Siapkan 1 buah apel segar dan 3 sendok makan madu
  • Haluskan apel dengan blender (tanpa dikupas)
  • Campur dengan madu sampai merata, lalu masukan kedalam kulkas.
  • Setelah dingin, oleskan masker apel secara merata keseluruh bagian wajah
  • Agar bekerja maksimal beri pijatan lembut 5 menit dan diamkan 25 menit
  • Apabila sudah, bilas dengan menggunakan air dingin.


Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak Menggunakan Madu


Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak Menggunakan Madu

Madu adalah bahan alami pertama yang bisa Anda pakai sebagai cara mengatasi kulit berminyak. Selain mengurangi produksi minyak, madu juga efektif melawan bakteri penyebab jerawat dan masalah kulit yang lain.

Bahan alami tersebut memiliki banyak antibakteri dan dapat mengunci kelembaban kulit. Cara yang perlu Anda lakukan pun sangat mudah.

Oleskan madu pada seluruh wajah lalu diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, bersihkan wajah dengan air hangat.


Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak Menggunakan Lidah buaya


Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak Menggunakan Lidah buaya

Lidah buaya adalah salah satu bahan alami yang cukup sering digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit. Selain mengurangi produksi minyak, lidah buaya juga mampu menyembuhkan luka di kulit dengan lebih cepat. Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya setiap sebelum tidur.


Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak Menggunakan Putih telur


Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak Menggunakan Putih telur

Tahukah Anda bahwa putih telur bisa dimanfaatkan sebagai cara mengatasi wajah berminyak? Selain mengurangi minyak, putih telur juga efektif mengencangkan kulit sehingga kerutan halus dan tanda penuaan yang lain bisa berkurang.

Berikut cara untuk mengatasi kulit wajah yang berminyak menggunakan putih telur, yaitu:

  • Pecahkan telur di atas mangkuk dan ambil bagian putihnya saja.
  • Tambahkan perasan setengah buah lemon ke dalam mangkuk, lalu kocok hingga semua bahan tercampur rata.
  • Oleskan putih telur sedikit demi sedikit pada wajah, kemudian biarkan selama kurang lebih 10 menit.
  • Bilas wajah dengan air hangat.


Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak Menggunakan Oatmeal


Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak Menggunakan Oatmeal

Menggunakan oatmeal sebagai cara mengatasi muka berminyak selanjutnya yang sebaiknya Anda coba. Bahan tersebut mampu menyerap produksi minyak berlebih dan berperan sebagai eksfoliator.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena menggunakan oatmeal tidak akan membuat kulit iritasi. Sebab, ada kandungan antiinflamasi dalam oatmeal.

Cara yang harus Anda lakukan cukup mudah. Aplikasikan masker yang sudah direbus pada kulit selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat. Jangan lupa untuk menggunakan pelembab supaya kondisi kulit semakin terjaga.


Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak Menggunakan Tomat

Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak Menggunakan Tomat

Cara mengatasi wajah berminyak berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah dengan memanfaatkan tomat. Vitamin B, antioksidan, dan berbagai macam nutrisi lain yang terkandung dalam tomat mampu menjaga kesehatan kulit secara efektif.

Pertama-tama, campur tomat dan oatmeal sesuai dengan kebutuhan Anda. Aplikasikan campuran itu pada wajah selama minimal 10 menit lalu bilas dengan air.

Tak hanya mengurangi produksi minyak, masker alami untuk kulit berminyak juga mampu membersihkan sel kulit mati dan mencegah tanda penuaan.



Cara di atas memang efektif mengatasi wajah berminyak dan kusam, namun bukan berarti kita terus berhenti dan tidak melakukan perawatan lagi, karena bagaimanapun juga masih diperlukan tindakan lain agar permasalahan wajah berminyak dan kusam menjadi tuntas.


Tips Merawat Kulit Wajah Agar Tidak Berminyak

Berikut beberapa tips merawat muka berminyak yang harus diterapkan disamping membuat masker seperti di atas :

  1. Bersihkan wajah secara rutin minimal 2x sehari (bisa setiap kali mandi)
  2. Setelah selesai beraktivitas olahraga, usahakan membersihkan sisa keringat dan minyak
  3. Hindari makanan gorengan, mie instan, dan makanan berminyak lainnya, baca selengkapnya di bawah ini
  4. Jangan membersihkan muka berminyak dengan tangan kotor, tisu, ataupun sabun muka yang tidak cocok dengan jenis kulit
  5. Perbanyak konsumsi buah dan sayur yang kaya akan serat, dll.
  6. Gunakan produk kosmetik khusus kulit berminyak.

Produk Perawatan Yang Cocok Bagi Kulit Wajah Berminyak

Produk perawatan untuk kulit berminyak tidak sama dengan jenis kulit lainnya. Jadi Anda tidak bisa memakai produk yang sama yang menghasilkan efek positif pada teman Anda yang memiliki jenis kulit normal atau kering. Mulai saat ini beli produk-produk yang diperuntukkan bagi kulit berminyak atau berlabel oil-free seperti berikut ini :

1. Sabun. 

Pilihlah sabun cuci muka yang lembut karena sabun yang keras bisa memicu produksi minyak berlebih. Untuk mengatasi wajah berminyak dan kusam cara paling efektif adalah cukup mencucinya dua kali sehari, pada pagi dan malam hari. Lantas jenis sabun apa yang cocok untuk Anda? Sebenarnya tidak usah bingung karena Anda bisa memakai sabun cuci muka untuk semua jenis kulit. Jika produksi minyak masih berlebih, Anda bisa memilih sabun yang mengandung salicylic acid, beta-hydroxy acid, glycolic acid atau benzoyl peroxide.

2. Pelembap. 

Mungkin Anda berpikir kulit Anda sudah berminyak jadi tidak perlu lagi membeli pelembap wajah. Namun Anda harus tetap melembapkan wajah Anda, terutama ketika usia makin bertambah untuk menjaga kulit dari efek penuaan. Untuk menghindari efek kilap berlebih akibat memakai pelembap, Anda disarankan untuk memilih pelembap yang ringan dan oil-free.

3. Kosmetik oil-free. 

Pilih kosmetik dengan bahan dasar oil-free atau water-based terutama dengan label noncomedogenic. Kosmetik dengan bentuk bubuk dan mengandung mineral biasanya lebih cocok untuk kulit berminyak. Sedangkan perona pipi dan mata dengan bahan dasar berbentuk krim tidak cocok pada wajah berminyak.

4. Tabir surya. 

Apa pun jenis kulit Anda, mengoleskan tabir surya adalah sebuah kewajiban, terutama ketika Anda beraktivitas di bawah paparan sinar matahari. Untuk menghindari kulit Anda makin berminyak, pilih tabir surya yang berbentuk gel dan berlabel oil-free.

5. Kertas minyak. 

Pemilik wajah berminyak sangat tertolong dengan adanya kertas ini karena bisa menyerap minyak seketika tanpa membuat kulit wajah kering. Cara menggunakannya pun mudah. Cukup tekan di area wajah yang berminyak. Hindari menggosok kertas minyak pada wajah.


Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Orang Berkulit Wajah Berminyak

Berikut ini merupakan jenis makanan yang harus dibatasi bahkan dihindari oleh orang yang mempunyai maslah kulit wajah berminyak, yaitu  :

1. Produk olahan susu. 

Makanan yang berasal dari olahan susu (Dairy Products)
cara mengatasi wajah berminyak dan kusam
mengandung dua jenis protein yang dapat meningkatkan produksi minyak yaitu kasein dan whey protein.

2. Makanan cepat saji. 

Makanan cepat saji seperti pizza, kentang goreng, dan burger tinggi akan kandungan lemak dan sodium. Sebagian besar makanan cepat saji yang dijual mengandung lemak terhidrogenasi (Lemak trans) yang mempengaruhi sirkulasi darah sehingga menyebabkan pori-pori tersumbat, jerawat di wajah lebih mudah muncul, dan kulit menjadi lebih berminyak.

3.  Karbohidrat

Hindari makanan berkarbohidrat olahan seperti gula, roti tawar, biskuit, beragam jenis kue serta makanan penutup (dessert) yang cepat dicerna dan diserap ke dalam aliran darah.  Setelah anda mengkonsumsi makanan jenis karbohidrat olahan, maka kadar insulin dalam tubuh akan melonjak. 
Lonjakan atau kenaikan ini akan meningkatkan tingkat androgen, yang merangsang produksi sebum yang berlebihan, sehingga berdampak pada kulit berminyak dan berjerawat, bahkan menjadi bekas jerawat.
   

4. Daging merah. 

Jenis daging hewan yang berwarna merah meningkatkan hormon testosteron pada laki-laki yang memicu peningkatan produksi sebum, menyebabkan pori-pori tersumbat dan terbentuknya jerawat. Karena daging merah mengandung sejumlah besar lemak jenuh, konsumsi secara berlebih juga dapat menyebabkan peradangan.
   

5. Asam lemak omega-6. 

Lemak omega-6 yang ditemukan dalam minyak sayur memicu inflamasi yang terkait dengan terbentuknya peradangan jerawat dan produksi sebum yang berlebihan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar