--> Skip to main content

Cara Membuktikan Udara Memiliki Volume

Bagaimana cara untuk membuktikan bahwa udara memiliki volume ?. Untuk menjawab pertanyaan kalau udara memiliki volume kita dapat melakukan beberapa percobaan.



Sebelum melakukan percobaan tersebut alangkah baiknya kita tahu dulu apa itu udara.

Udara adalah suatu campuran gas yang terdapat pada lapisan yang mengelilingi bumi. Udara tidak tampak, sehingga sering kita anggap tidak ada.

Disekitar bumi kita ada 5,8 miliar ton udara. Makin jauh dari bumi, kerapatan udara semakain kecil. Setelah 10 km dari bumi kita tidak dapat hidup lagi. Diatas 2 km lilin tidak dapat menyala lagi. Karena itu mahluk hidup bergantung kepada selapis udara setebal 900 km. Jika bumi dikecilkan sampai garis tengahnya 5 cm, maka lapisan udara tempat kita dapat hidup tapi akan lebih tipis dari sehelai

kertas. Ilmuwan menduga bahwa 95% mahluk hidup di bumi didukung oleh lapisan udara setebal 3 km dari permukaan bumi (Sastrawijaya, 2009).

Komposisi udara kering yang bersih dikumpulkan di sekitar laut dapat dilihat pada Tabel 2.1. Konsentrasi gas dinyatakan dalam persen atau per sejuta (ppm = part per million), tetapi untuk gas yang konsentrasinya sangat kecil biasanya dinyatakan dalam ppm (stoker dan seager, 1972).

Udara, dan bagaimana perilakunya dan pergerakannya, penting untuk memahami proses dasar yang mengarah pada cuaca . Tetapi karena udara (dan atmosfer ) tidak terlihat, mungkin sulit untuk menganggapnya memiliki sifat seperti massa , volume, dan tekanan - atau bahkan berada di sana sama sekali!

Cara Membuktikan Udara Memiliki Volume

Seperti dijelaskan tadi, bahwa udara memiliki sifat seperti massa, volume dan tekanan. Lalu untuk membuktikan bahwa udara memiliki volume adalah dengan melakukan percobaan berikut ini :


Percobaan  1: Gelembung Udara Bawah Air.

Bahan yang dibutuhkan :

  • Tangki ikan kecil (5 galon) atau wadah besar lainnya
  • Jus atau gelas
  • Keran air

Langkah-langkah pembuktian :

  • Isi tangki atau wadah besar sekitar 2/3 penuh air. Balikkan gelas minum dan dorong langsung ke bawah ke dalam air.
  • Tanyakan, Apa yang Anda lihat di dalam gelas? (Jawab: air, dan udara terperangkap di atas)
  • Sekarang, sedikit ujung gelas untuk memungkinkan gelembung udara keluar dan mengapung ke permukaan air.

Kesimpulan : Gelembung udara membuktikan ada udara yang memiliki volume di dalam gelas. Udara, saat bergerak keluar dari kaca, digantikan oleh air pembuktian yang membutuhkan ruang.


Percobaan 2: Balon Udara.

Bahan yang diperlukan :

  • Balon kempes
  • Botol soda 1 liter (dengan label dilepas)

Langkah-langkah pembuktian:

  • Turunkan balon kempes ke leher botol. 
  • Regangkan ujung balon yang terbuka di atas mulut botol.
  • Menurut Anda, apa yang akan terjadi pada balon jika Anda mencoba mengembang seperti ini (di dalam botol)? Akankah balon mengembang sampai menempel di sisi botol? Akankah itu meletus?
  • Selanjutnya, letakkan mulut Anda di botol dan cobalah untuk meledakkan balon.

Mengapa tidak terjadi apa-apa pada balon tersebut ?

Jawabannya adalah botol itu penuh dengan udara. Karena udara membutuhkan ruang, Anda tidak dapat meledakkan balon karena udara yang terperangkap di dalam botol membuatnya tidak menggembung.


Contoh Alternatif

Cara lain yang sangat sederhana untuk menunjukkan bahwa udara membutuhkan ruang? Ambil balon atau tas makan siang kertas cokelat. Tanyakan: Apa isinya? Kemudian tiup ke dalam tas dan pegang tangan Anda erat-erat di atasnya. Tanyakan: Apa yang ada di dalam tas sekarang? (Jawab: udara)


Kesimpulan

Udara terdiri dari berbagai gas . Dan meskipun Anda tidak dapat melihatnya, aktivitas di atas telah membantu kami membuktikan bahwa ia memiliki berat, meskipun tidak banyak berat - udara tidak terlalu padat. Apa pun yang berbobot juga memiliki massa, dan menurut hukum fisika, ketika sesuatu memiliki massa, ia juga membutuhkan ruang.



Sumber :

https://repository.usm.ac.id/files/skripsi/C41A/2014/C.431.14.0026/C.431.14.0026-05-BAB-II-20190213102135.pdf

https://www.sekolah007.com/2020/04/cara-membuktikan-udara-memiliki-volume.html

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar