--> Skip to main content

Cara Mengatasi Perut Kembung

Cara mengatasi dan mengobati perut kembung yang disertai dengan susah buang air besar (BAB).


Cara Mengatasi Perut Kembung Yang Disertai Susah Buang Air Besar (BAB)

Monstutor.com - Perut kembung biasanya terjadi akibat penumpukkan gas di dalam saluran cerna dan sulit dikeluarkan. Perut kembung umumnya terjadi ketika Anda terlalu banyak makan, makan terlalu cepat, atau mengonsumsi makanan yang berlemak.


Cara Mengatasi Perut Kembung Yang Disertai Susah Buang Air Besar (BAB)



Pada saat mengalami perut kembung, biasanya dibarengi dengan susah buang air besar (BAB). Kondisi tersebut tentunya membuat kita tidak nyaman. Nah berikut ada beberapa cara untuk mengatasi perut kembung dan susah BAB.

Berikut ini merupakan beberapa cara alami  untuk mengobati perut kembung dan susah BAB, diantaranya : 




1. Kentut dan Sendawa.
Kentut dan sendawa merupakan cara mengatasi perut kembung masuk angin paling alami yang bisa dilakukan. Saat perut sudah tidak nyaman, segera cari tempat yang sepi untuk memaksa melepaskan gas yang ada di dalam tubuh. Selain dengan kentut dapat juga dengan sendawa.

Biasanya dengan memaksa kentut dan sendawa biasanya akan merangsang untuk BAB. Setelah BAB biasanya perut yang kembuang pun akan sembuh.


2. Kompres Perut dengan Air Hangat.
Untuk mengatasi perut kembung yang disertai susah BAB dapat dilakukan dengan cara mengompres perut menggunakan air hangat. Selain dengan mengompresnya bisa juga menggunakan botol yang diisi air hangat, tempelkan pada area perut, jika terasa panas dapat dilapisi kain.



3. Pijat Area Perut.
Dengan cara memijat perut ternyata dapat membantu mengatasi perut kembung.Ikuti langkah-langkahnya seperti berikut ini :


  • Letakkan kedua tangan di atas tulang pinggul bagian kanan.
  • Pijat dengan gerakan memutar secara perlahan dan berikan tekanan ringan di bagian kanan tulang rusuk.
  • Pijat mengarah ke perut bagian atas hingga ke tulang rusuk sebelah kiri.
  • Lanjut pijat ke bagian bawah menuju tulang pinggul sebelah kiri.
  • Ulangi cara mengatasi perut kembung yang satu ini hingga rasa tidak nyaman mereda.



4. Minum Teh Peppermint.
Masalah perut kembung yang sertai susah BAB dapat diobati dengan meminum teh peppermint. Hal itu dikarenakan, kandungan mentol yang terkandung pada teh peppermint bersifat antipasmodik (reaksi otot) sehingga meningkatkan fungsi sitem pencernaan yang merangsang sekresi asam pencernaan dan membantu mengeluarkan gas.



5. Mengonsumsi Pisang.
Pisang merupakan obat perut kembung masuk angin alami. Sebagai salah satu sumber potasium terbaik, kandungan tersebut dapat membantu mengatasi perut kembung.

Selain pisang, kamu juga bisa mengonsumsi bahan makanan yang mengandung potasium lainnya seperti sayuran hijau, biji-bijian, serta alpukat.


6. Minum Wedang Jahe.
Minuman tradisional ini sangat ampuh mengatasi perut kembung yang menyebabkan susah biang air besar. Selain dengan membeli wedang jahe kemasan yang sekarang sudah ada di toko-toko, kita juga dapat membuatnya sendiri.

Untuk cara membuat wedang jahe slahkan baca pada artikel berikut ini : Cara Membuat Wedang Jahe.



7. Mengonsumsi Yoghurt.
Yoghurt mengandung prebiotik dan kaya akan akan bakteri baik seperti lactobacillus yang dapat mengurangi kembung di perut.



8. Minum Lemon Tea.
Cobalah dengan meminum lemon tea untuk mengatasi perut kembung. Dikarenakan buah lemon dapat membantu menstimulasi saluran pencernaan.

Pencernaan yang kuat akan membantu mengurai makanan dengan lebih baik, menyerap lebih banyak nutrisi, dan mencegah perut kembung.




Itulah beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi perut kembung yang disertai suasah buang air besar. Apabila Anda mempunyai cara yang lain silahkan tuliskan di kolom komentar. (rdzt)







tag : cara mengatasi perut kembung masuk angin, cara mengatasi perut kembung terus menerus, cara mengatasi perut kembung pada anak, cara mengatasi perut kembung dan susah bab, gerakan mengatasi perut kembung, cara mengatasi perut kembung pada bayi, penyebab perut kembung, mengatasi perut kembung karena maag

    Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
    Buka Komentar
    Tutup Komentar