--> Skip to main content

Cara Menghubungkan HP Android ke TV

Cara Menghubungkankan Layar HP Android ke TV - Seringkali, kita memerlukan dimensi layar yang lebih besar saat kita sedang mengakses konten dari HP Android, seperti saat menonton film, memutar video, atau bermain game.


Cara Menghubungkankan HP Android ke Televisi - Seringkali, kita memerlukan dimensi layar yang lebih besar saat kita sedang mengakses konten dari HP Android, seperti saat menonton film, memutar video, atau bermain game.

Dengan perkembangan teknologi sekerang ini, kini kita dapat melakukan hal tersebut dengan menghubungkan HP Android yang kita miliki ke Televisi dengan sangat mudah.

Selain dapat menggunakan kabel HDMI khusus untuk melakukannya, kita juga dapat menghubungkan HP Android ke TV dengan menggunakan koneksi wireless seperti WiFi, berkat adanya protokol semacam Miracast.

Miracast merupakan sebuah standar untuk koneksi nirkabel yang diluncurkan pada tahun 2012 oleh Wi-Fi Alliance, yang bisa kita digunakan untuk menghubungkan perangkat seperti laptop, tablet, atau smartphone, ke layar yang lebih besar seperti TV, monitor atau proyektor.

Protokol ini telah diimplementasikan pada berbagai perangkat seluler, termasuk beberapa HP Android di dalamnya. Yang mana implementasinya bisa dilakukan oleh Google atau vendor pengembangnya, seperti Samsung dengan fitur Smart Link-nya.

Bahkan Google pun kini telah menggunakan protokolnya sendiri pada Android 6.0 Marshmallow ke atas. Protokol tersebut adalah Google Cast yang secara umum memiliki fungsi yang sama seperti Miracast.

Dengan menggunakan protokol-protokol ini, sekarang kita dapat menghubungkan perangkat Android ke TV dengan syarat TV yang kita miliki sudah mendukung Miracast atau tertanam dukungan Google Cast.

Bagaimana jika tidak? Khusus untuk TV dengan sumber HDMI, kita bisa menambahkan dongle Miracast atau Chromecast, yang sekarang sudah banyak tersedia di pasaran.


Berikut beberapa cara menghubungkan HP ke Televisi, yaitu :

Cara Menyambungkan HP Android ke TV dengan Kabel.


Setelah memiliki kabel HDMI yang dibutuhkan serta memastikan bahwa kabel tersebut kompatibel dengan smartphone maupun TV , maka kita dapat memulai  mencoba menghubungkan kedua perangkat. Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut ini:


  1. Pertama-tama, kamu perlu mematikan TV yang akan disambungkan ke HP.
  2. Hubungkan smartphone Android ke TV menggunakan kabel HDMI yang sudah tersedia. Ujung yang kecil (micro HDMI) untuk dipasang ke smartphone, sedangkan ujung yang besar (HDMI) untuk dipasang ke soket TV yang bertuliskan HDMI.
  3. Jika sudah terpasang, nyalakan kembali TV yang sebelumnya dimatikan. 
  4. Lanjutkan dengan memindahkan saluran ke opsi HDMI.
  5. Beralih ke Handphone, aktifkan menu HDMI Connection yang ada di smartphone dengan memberi checklist alias tanda centang pada opsi tersebut.
  6. Selesai. Tampilan layar di TV  kini sudah sama dengan apa yang ada di tampilan layar smartphone. Dengan kata lain, kedua perangkat sudah saling terhubung.

Cara Menghubungkan HP Android ke TV Tanpa Kabel.

Selain menggunakan bantuan kabel, kita juga dapat menghubungkan layar HP ke TV tanpa menggunakan kabelatau kata lain wireless.

Carayang satu ini bisa dibilang lebih praktis hanya saja membutuhkan spesifikasi smartphone serta TV yang khusus untuk melakukannya.

Terdapat 2 cara untuk melakukan hal ini, yaitu menggunakan alat eksternal bernama Chromecast atau menggunakan fitur bawaan Miracast dari smartphone.

1. Cara Menghubungkan HP ke TV Tanpa Kabel dengan Chromecast.



Chromecast adalah sebuah perangkat adapter atau dongle HDMI buatan Google yang bisa kamu gunakan untuk streaming musik, film, bahkan mengakses internet di TV kamu.

Chromecast sendiri memiliki 3 fitur yang berfungsi untuk menghubungkan layar HP kamu ke TV, yakni App Casting, Tab Casting, dan Screen Casting.

Untuk caranya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Install aplikasi Google Home di smartphone Android kamu. Kita bisa mengunduhnya di Playstore 
  2. Selanjutnya, aktifkan WiFi di smartphone.
  3. Beralih ke TV, pindahkan saluran ke HDMI dengan remote.
  4. Kamu akan diminta melakukan proses sinkronisasi dengan memasukkan kode yang muncul di layar TV. Masukkan kode tersebut dan seketika, smartphone dan TV kamu akan terhubung.
  5. Selesai


2. Cara Menghubungkan HP ke TV Tanpa Kabel dengan Miracast.

Miracast atau biasa disebut dengan Wireless Display merupakan  fitur bawaan dalam smartphone yang memungkinkan untuk menghubungkan HP ke layar TV hanya dengan menggunakan koneksi WiFi.

Untuk caranya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :


1. Pastikan HP tersebut sudah mendukung fitur Miracast atau Wireless Display terlebih dahulu.

2. Nyalakan TV kamu, lalu pada menu opsi carilah setelan yang berfungsi untuk mengaktifkan setelan Miracast / Screen Mirroring.
Setiap merk TV memiliki setelan masing-masing. Carilah informasi di Google mengenai cara menyetel Miracast sesuai merk TV yang digunakan.

3. Setelah mengaktifkan Miracast / Screen Mirroring, TV akan langsung memindai smartphone yang mengaktifkan fitur Wireless Display.

4. Buka HP, lalu buka menu Settings. Setelah itu klik pada Connection & Sharing, lalu pilih opsi Cast. Setiap merk HP memiliki cara setelan masing-masing meskipun perbedannya tidak terlalu jauh.


5. Aktifkan Cast, lalu HP akan memindai TV yang sedang mengaktifkan Miracast juga. Tunggu sampai TV mendeteksi HP atau sebaliknya.



6. Selesai.



Kini aktivitas gaming, nonton film atau aktivitas seru lainnya jadi makin seru setelah bisa sharing layar antara smartphone dan TV.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar