--> Skip to main content

Tips Cara Pertolongan Pertama Untuk Mengatasi Mimisan

Tips Pertolongan Pertama Untuk Mengatasi Mimisan - Mimisan merupakan keluarnya darah dari hidung, baik dari salah satu atau kedua lubang hidung. Mimisan ini bisa terjadi selama hitungan detik hingga hitungan menit. Mimisan mungkin pernah dialami oleh sebagian orang.



Tips Cara Pertolongan Pertama Untuk Mengatasi Mimisan - Cara bagaimana yang harus dilakukan ketika kita atau ada orang lain di sekitar kita mengalami mimisan

Mimisan merupakan keluarnya darah dari hidung, baik dari salah satu atau kedua lubang hidung. Mimisan ini bisa terjadi selama hitungan detik hingga hitungan menit. Mimisan mungkin pernah dialami oleh sebagian orang.

Ada beberapa orang yang lebih rentan mengalami mimisan. Di antaranya adalah anak-anak (usia 2-10 tahun), ibu hamil, lansia, pengidap hemofilia (kelainan darah), dan orang yang rutin mengonsumsi obat pengencer darah. 

Berikut ini beberapa penyebab yang dapat memicu terjadinya mimisan:

  • Lingkungan, misalnya udara terlalu dingin dan kering, serta iritasi zat kimia (seperti amonia).
  • Penyakit tertentu, misalnya tumor pada hidung, sinusitis, atau hemofilia.
  • Cedera hidung, misalnya akibat terjatuh, kecelakaan, ingus terlalu kencang, atau mengorek hidung terlalu keras.
  • Penyebab lain, misalnya bentuk hidung bengkok, operasi hidung, atau menggunakan narkoba dan alkohol.


Jika kamu mengalami mimisan, jangan panik. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama untuk mengatasi mimisan.

Berikut cara yang yang harus dilakukan ketika mengalami mimisan yaitu :


  • Kompres Dengan Es. Letakkan Es pada pangkal hidung untuk memperlambat perdarahan. Suhu dingin dari es dapat memperkecil pembuluh darah sehingga mimisan berhenti lebih cepat.
  • Pencet Hidung. Segera pencet hidung selama 10 menit. Saat memencet hidung, gunakankan mulut untuk bernapas. Langkah ini bisa memberikan penekanan pada pembuluh darah sehingga mimisan berhenti lebih cepat.
  • Duduk Tegak. Duduk tegak akan mengurangi penekanan pada pembuluh darah hidung sehingga bisa mengurangi mimisan.
  • Keluarkan Darah yang Mengalir ke Mulut. Darah yang masuk ke mulut dapat menyebabkan reflek muntah. Segera keluarkan darah yang mengalir dari hidung ke mulut. Supaya darah dari hidung tidak masuk ke kerongkongan, condongkan tubuh ke depan.
  • Hindari Bersin Selama darah masih mengalir dari hidung, usahakan untuk tidak bersin atau mengeluarkan darah dari hidung dengan sengaja. Sebab, hal itu justru akan dapat membuat mimisan sulit diberhentikan.

Jika mimisan terjadi secara terus-menerus, segera datangi ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Jika tips di atas belum berhasil mengatasi mimisan, hubungi dokter agar mendapat penanganan lebih lanjut.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar