--> Skip to main content

Cara Mengatasi Buta Warna

Cara Mengatasi Buta Warna - Orang yang mengalami gangguan mata buta warna bukanlah orang yang tidak dapat melihat warna, melainkan mereka kesulitan membedakan warna. Buta warna biasanya terjadi karena faktor keturunan.


Cara Mengatasi Buta Warna Supaya Bisa Melakukan Aktivitas Sehari-hari - Orang yang mengalami gangguan mata buta warna bukanlah orang yang tidak dapat melihat warna, melainkan mereka kesulitan membedakan warna. Buta warna biasanya terjadi karena faktor keturunan.



Monstutor.com Orang yang mengalami buta warna bukan berarti mereka tidak bisa melihat warna. Mereka kesulitan membedakan warna-warna, terutama warna-warna tertentu, seperti biru, hijau, dan merah.

Buta pada warna merah dan hijau merupakan jenis yang paling umum, diikuti dengan buta oleh warna biru dan kuning. Kondisi ini disebut dengan buta warna parsial. Ada satu lagi jenis buta warna yang jarang terjadi, yakni buta warna total.

Supaya bisa melakukan aktivitas sehari-hari seperti orang normal pada umumnya, orang dengan buta warna harus  dapat beradaptasi. Karena, ada sebagian aktivitas kehidupan yang selalu berkaitan dengan warna, misalnya membaca tanda lampu lalu lintas, memasak, memilih pakaian, atau produk.

Cara Mengatasi Buta Warna Supaya Bisa Melakukan Aktivitas Sehari-hari


Sampai sekarang  ini belum ada pengobatan yang dapat menyembuhkan buta warna. Alih-alih berfokus pada cara mengatasi buta warna yang hingga kini masih dikembangkan para ahli, beberapa perawatan dapat membantu orang dengan buta warna untuk melihat lebih baik. yaitu :


1. Memakai Kacamata Enchroma

Dengan cara memakai kacamata Enchroma sebetulnya tidak dapat mengatasi buta warna, akan tetapi dapat membantu orang dengan kondisi buta warna dapat melihat dengan  lebih baik.

Kacamata Enchroma dilengkapi dengan lensa berbahan khusus yang dapat memperpanjang gelombang cahaya sehingga terlihat lebih mencolok dan kuat pada mata orang yang buta warna.

Kacamata Enchroma sangat efektif untuk orang dengan buta warna merah atau hijau atau buta warna parsial. Sementara, pada orang yang buta warna total, kacamata ini tidak cukup membantu penglihatan mereka.


2. Memakai Kacamata ColorCorrection System (CCS)

Selain memakai kacamata Enchroma untuk cara mengatasi masalah kesulitan membedakan warna pada orang buta warna adalah denagn memakai kacamata ColorCorrection System (CSS). kacamata ini dikembangkan oleh ahli kacamata yang bernama dr. Thomas Azman.

Kacamata ColorCorrection System (CCS) ini dilengkapi dengan filter khusus yang dapat merubah panjang gelombang setiap warna yang masuk ke mata.

Dengan begitu, orang yang mengalami gangguan buta warna dapat menangkap warna lebih kuat dan membantunya untuk membedakan warna.


3. Belajar Beradaptasi 

Selain menggunakan alat bantu seperti kacamata di atas, cara terbaik untuk mengatasi kondisi buta warna tyaitu dengan berlatih beradaptasi ketika menjalani aktivitas sehari-hari. Selain menggunakan alat bantu melihat, seperti kacamata, orang yang kesulitan membedakan warna ini juga perlu mengatur pencahayaan di rumah.

Daripada menggunakan sinar lampu yang dapat membuat silau penglihatan, lebih baik dengan membuka tirai jendela agar sinar matahari masuk menerangi kamar. Cahaya alami dari sinar matahari ini bisa membantu mempertegas warna sehingga orang dengan buta warna dapat melihatnya dengan lebih baik.

Orang dengan kondisi buta warna harus berlatih untuk mengenali perbedaan warna. Misalnya, dari pakaian, buah dan sayur atau benda-benda yang ada di rumah. Mereka mungkin membutuhkan bantuan keluarga, teman, dan dokter untuk mengenali warna lebih baik lagi.

Jika Anda memiliki buta warna, sebaiknya jangan mengendarai kendaraan karena mungkin Anda akan kesulitan membedakan lampu lalu lintas. Konsultasikan pula kondisi kesehatan mata Anda secara rutin ke dokter mata.(4/11/20)








Lihat Sumber