--> Skip to main content

Cara Mengusir Tawon atau Lebah

Cara Mengusir Tawon atau Lebah - Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengusir tawon atau lebah yang bersarang di rumah kita.


Cara Mengusir Tawon atau Lebah


Meskipun bentuknya kecil, Tawon atau lebah sangatlah berbahaya. Sengatan tawon akan sangat menyakitkan dan menyebabkan ruam ekstrem. Apabila Tawon membuat sarang di sekitar rumah kita, tentunya sangat berbahaya untuk keselamatan kita dan keluarga.

Untuk itu, sangat penting untuk kita menyingkirkan tawon dari sarangnya. Tawon ternyata sangat tertarik dengan warna-warna yang cerah, makanan yang dibiarkan begitu saja, dan bau harum termasuk parfum dan bunga di kebun. Untuk menghilangkan tawon dari kebun, Anda bisa menyemprotkan insektisida pada tanaman sekali dalam seminggu.

Berikut ini merupakan cara mengusir tawon dari rumah yang dapat anda coba, yaitu :


1. Menggunakan air sabun.
Air sabun cukup efektif untuk mengusir tawon. Anda hanya perlu mencampurkan sabun cair dengan air. Jika sudah tercampur dengan rata, tuanglah campuran air sabun dan air ke dalam botol semprot. Kemudian, semprotkanlah langsung ke tawon yang ada di rumah Anda.


2. Menggunakan cuka.
Cara lain untuk menyingkirkan tawon adalah dengan menyemprotkan cuka ke sarangnya. Cara membuat larutan cuka pun cukup mudah, Anda hanya perlu menambahkan satu sendok makan cuka ke dalam seperempat air. Kemudian, tuangkanlah cuka ke dalam botol semprot, lalu semprotkan ke sarang tawon yang Anda tuju.


3. Menggunakan kapur barus.
Menyingkirkan lebah madu juga bisa menggunakan kapur barus. Caranya adalah dengan menggantungkannya di dekat sarang tawon.Letakanlah kapur barus di dalam kaus kaki, setelah itu gantungkan di dekat sarang tawon.



4. Menggunakan minuman bersoda.
Anda bisa menggunakan minuman bersoda yang dijual di pasaran untuk mengusir tawon di rumah. Caranya pun tergolong mudah, tuangkanlah minuman bersoda ke dalam suatu wadah, lalu taruh di tempat yang sekiranya jauh dari jangkauan orang atau hewan.

Aroma dari minuman bersoda akan menarik tawon. Tak lama, para tawon pun akan mengerubunginya, bahkan hingga tenggelam ke dalam air minuman bersoda tersebut.



5. Menggunakan  bubuk bawang putih.
Tawon tertarik pada aroma, wewangian, atau bebauan. Namun, mereka anti terhadap bau yang menyengat. Bawang putih bubuk adalah cara terbaik untuk menyingkirkan tawon. Tebarkan bubuk bawang putih dekat sarang tawon. Dijamin, tawon tidak akan berani mendekati sarangnya karena bau yang menyengat dan bisa membuat mereka pindah.



6. Menggunakan bubuk Pepper Spray.
Selanjutnya adalah dengan menggunakan papper spray. Dalam secangkir air putih, tambahkan 6 sendok makan bubuk lada, dan 3 sendok makan bubuk cabai.

Didihkan bubuk tersebut selama 15 menit, dan setelah itu pindahkan ke botol semprot. Kemudian, semprotkan cairan panas tersebut langsung di sarang tawon.



7. Menggunakan baking soda
Cara terakhir adalah dengan larutan lemon dan baking soda. Campurkan air lemon dan baking soda secara merata. Tawon diketahui membenci bau asam, maka air lemon sangat ampuh dijadikan sebagai ramuan pengusir tawon yang mujarab.

Semprotkan cairan tersebut langsung ke sarang tawon, pastikan cairan bisa masuk ke setiap lubang yang terbuka ya. Nantinya, tawon yang masih bersarang di lubang akan mati jika terkena semprotan cairan tersebut.



Itulah cara mengusir tawon atau lebah yang bersarang di rumah atau sekitar lingkungan Anda yang tentunya cukup ampuh. Selamat mencoba.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar