3 Cara Memotong Botol Kaca Tanpa Alat - Monstutor.com

Menu Atas

3 Cara Memotong Botol Kaca Tanpa Alat

Rudiruzt
Senin, Juni 01, 2020

3 Cara Memotong Botol Kaca Tanpa Alat - Cara memotong botol kaca bekas tanpa menggunakan mesin pemotong botol khusus.

Cara Memotong Botol Kaca - Seringkali botol bekas dibuang begitu saja, padahal botol kaca tersebut dapat dikreasikan menjadi berbagai pernak pernik yang menarik seperti gelas, vas bunga, tempat pensil dan lain-lain dengan cara memotong botol kaca tersebut.



Monstutor.com -  Seringkali botol bekas dibuang begitu saja, padahal botol kaca tersebut dapat dikreasikan menjadi berbagai pernak pernik yang menarik seperti gelas, vas bunga, tempat pensil, wadah ikan cupang dan lain-lain dengan cara memotong botol kaca tersebut.

Untuk memotong botol kaca jauh lebih sulit jika dibandingkan dengan botol plastik, dan juga lebih berbahaya karena botol kaca dapat pecah sewaktu-waktu dan dapat menghasilkan serpihan beling kaca yang tajam yang dapat melukai.

Selain menggunakan alat atau mesin pemotong kaca, berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memotong kaca tanpa menggunakan alat atau mesin pemotong kaca.



1. Cara Memotong Botol Kaca Menggunakan Benang.



Memotong Botol Kaca Menggunakan Benang



Alat dan bahan yang harus dipersiapkan :
  • Botol kaca
  • Benang tebal (bisa menggunakan benang rajut dari kapas)
  • Korek api
  • Alkohol atau aseton atau cairan korek api.
  • Air es
  • Kertas gosok / ampelas
  • Pelindung mata (WAJIB)



Cara memotong botol kaca menggunakan benang:
  1. Untuk keamanan, gunakan terlebih dahulu pelindung mata agar terhindar dari serpihan kaca yang mungkin dihasilkan oleh pecahan botol.
  2. Siapkan air es pada wadah yang cukup besar yang memungkinkan botol untuk tenggelam seluruhnya.
  3. Ikat botol dengan benang secara melingkar pada bagian yang hendak dipotong sebanyak 2 hingga 4 kali ikatan tergantung dari ketebalan benang. Pastikan ikatan tidak terlalu longgar, lalu potong sisa benang.
  4. Basahi benang dengan Alkohol atau aseton atau cairan korek api hingga meresap, lalu bakar tali dengan menggunakan korek api.
  5. Pegang botol dalam posisi tidur, lalu terus-menerus putar botol agar panas merata.Lakukan terus menerus hingga api padam.
  6. Setelah api padam, langsung celupkan botol tersebut pada air es.Perubahan suhu yang sangat cepat menimbulkan proses pemuaian yang cepat, sehingga dapat memecah botol hingga menjadi 2 bagian.
  7. Haluskan hasil potongan dengan kertas gosok / ampelas hingga tidak ada bagian yang tajam. Berhati-hatilah saat menggosok, hindari menghirup debu kaca yang dihasilkan dari proses menggosok.
  8. Botol kaca siap digunakan.



2. Cara Memotong Botol Kaca Menggunakan Api.




Memotong Botol Kaca Menggunakan Api




Alat dan bahan yang harus dipersiapkan :
  • Botol kaca
  • Pemotong kaca atau mata bor ( Alat yang keras dan tajam )
  • Lilin
  • Korek api
  • Air Es
  • Kertas gosok / ampelas
  • Pelindung mata (WAJIB)



Cara memotong botol kaca menggunakan api :
  1. Seperti cara di atas, gunakan terlebih dahulu pelindung mata agar terhindar dari serpihan kaca yang mungkin dihasilkan oleh pecahan botol.
  2. Nyalakan lilin menggunakan korek api.
  3. Buatlah garis pada botol untuk menandai bagian yang ingin dipotong, gunakan pisau kaca atau mata bor untuk melakukannya.
  4. Panaskan botol kaca pada lilin yang sudah dinyalakan tadi tepat pada garis yang Anda telah buat dengan pemotong kaca. Pusatkan panas pada garis tadi dan putar sekeliling garis agar panasnya merata kurang lebih 5 menit.
  5. Kemudian Rendam botol yang sudah dipanaskan tersebut dalam air es.
  6. Botol akan terpotong menjadi 2 bagian, setelah itu gunakan amplas kasar untuk membersihkan tepi botol yang telah terpotong. Anda harus melakukannya segera setelah botol terpotong agar hasilnya dapat sempurna.


3. Cara Memotong Botol Kaca Menggunakan Air Mendidih.



Memotong Botol Kaca Menggunakan Air Mendidih.



Alat dan bahan yang harus dipersiapkan :
  • Botol kaca
  • Pemotong kaca atau mata bor ( Alat yang keras dan tajam )
  • Air Mendidih
  • Air Es
  • Kertas gosok / ampelas
  • Pelindung mata (WAJIB)

Cara memotong botol kaca menggunakan air mendidih :
  1. Seperti biasa gunakan terlebih dahulu pelindung mata agar terhindar dari serpihan kaca yang mungkin dihasilkan oleh pecahan botol.
  2. Siapkan air mendidih.
  3. Sama seperti cara 2. Buatlah garis pada botol untuk menandai bagian yang ingin dipotong, gunakan pisau kaca atau mata bor untuk melakukannya.
  4. Pegang botol dan perlahan-lahan tuangkan air panas tepat di atas garis pada botol yang telah dbuat sebelumnya. Hindari menuangkannya diluar garis, Anda harus memusatkan menyiram air panas pada garis yang telah Anda buat sebelumnya.
  5. Siram atau rendam botol dengan air es. Jika berhasil, botol akan terpotong menjadi 2 bagian.
  6. Segera haluskan tepian tajam menggunakan amplas kasar.



Penutup


Itulah 3 Cara yang dapat Anda lakukan untuk memotong botol kaca bekas yang dapat Anda kreasikan untuk membuat berbagai macam kerajinan tangan seperti gelas, tempat pensil dan lain-lain. Dengan cara ini Anda tidak memerlukan alat khusus pemotong botol.

Buka Komentar

Tidak ada komentar: