--> Skip to main content

Cara Menjodohkan Burung Lovebird

Cara Menjodohkan Burung Lovebird

Cara Menjodohkan Burung Lovebird. Burung Lovebird terkenal dengan harganya yang mahal dikarenakan warna-warna pada bulunya sangat cantik. Wajar saja, banyak penggemar burung yang tertarik mengembangbiakkannya. Cara menjodohkan lovebird juga tidak begitu sulit, maka peminat usaha ini lumayan banyak.

Untuk harga burung lovebird pun berbeda-beda tergantung dari jenisnya. Anda juga dapat merawat lovebird anakan dan menjualnya ketika dewasa dengan harga yang lebih tinggi. Terlebih lagi jika burung lovebird Anda memiliki warna yang cantik.

Sebelum Anda menjodohkan burung lovebird, ketahui dahulu jenis kelamin lovebird yang akan dipasangkan. Pastikan Anda menjodohkan seekor lovebird jantan dengan betina.

Cara merawat burung lovebird sebelum dikawinkan tidak jauh berbeda dengan perawatan seperti biasanya. Hanya saja, perlu diberikan vitamin kepada lovebird kira-kira satu minggu sebelum perjodohan sebagai pemancing berahi.

Setelah dua minggu perjodohan, berikan vitamin lagi untuk meningkatkan stamina. Anda juga perlu memberikan makanan tambahan yang bisa memancing berahi seperti kecambah dan kangkung.

Pastikan lovebird yang akan dijodohkan adalah lovebird usia dewasa dari indukan yang berkualitas. Siapkan beberapa pasang indukan jantan dan betina agar nantinya berimbang ketika perkawinan.

Untuk tempat menjodohkan, siapkan kandang khusus dengan ukuran yang lebih besar dari kandang biasa. Siapkan juga kandang pengawinan berupa glodok di dalam sangkar sesuai jumlah lovebird yang akan dikawinkan.

Glodok merupakan kandang kecil yang salah satu sisinya memiliki lubang, tempat lovebird bersarang. Di alam liar, lovebird membuat lubang pada pohon dan membuat sarang untuk bertelur. Glodok akan berfungsi untuk menggantikan lubang pohon sebagai tempat bersarang.


Cara Mengawinkan Burung Lovebird Beda Warna

Lovebird dengan beragam warna yang ada saat ini merupakan hasil perkawinan silang antara dua lovebird yang warnanya berbeda. Misalnya lovebird lutino yang berwarna kuning dikawinkan dengan lovebird pastel ijo, kemungkinan dapat menghasilkan lovebird blorok.

Tahap-tahap menjodohkan lovebird beda warna yaitu:

1. Memilih Lovebird Yang Berusia Matang

Pastikan lovebird yang akan dijodohkan sudah dewasa. Lovebird dapat dikatakan dewasa ketika menginjak usia 9 bulan. Namun, usia ideal untuk dikawinkan yaitu usia 10 bulan hingga 12 bulan.


2. Memilih Warna Burung Lovebird

Pilih lovebird jantan dan betina yang warnanya berbeda dari anakan berkualitas. Contohnya lovebird mangsi jantan dan lutino, atau lovebird dakocan dengan pastel putih, dan sebagainya. Biasanya dari beberapa telur yang dihasilkan, anakannya akan memiliki warna bulu berbeda.


3. Membuat Lovebird Birahi

Lovebird yang belum berahi akan sulit dijodohkan, sehingga peternak harus membuatnya berahi terlebih dulu. Anda dapat memancing berahi dengan memberikan makanan tambahan berupa kangkung yang dicacah, kecambah, atau biji bunga matahari selama 3 hari sebelum dijodohkan.


4. Mengawinkan Lovebird

Setelah ketiga langkah tersebut dijalankan, lakukan penjodohan dengan cara:


Menjodohkan Lovebird Beda Warna Secara Berkelompok


Masukkan burung lovebird ke dalam kandang berisi kelompok lovebird yang lain. Kemudian, lovebird akan mencari pasangannya masing-masing. Cara ini cukup mudah karena Anda tidak perlu memilihkan pasangan dan membuat lovebird berahi.


Mengawinkan Lovebird Satu Lawan Satu

Cara kedua, kawinkan satu lovebird jantan dan betina. Langkah pertama, kenalkan dahulu dengan cara mendekatkan kandang satu sama selama satu atau setengah hari, lovebird akan saling mendekat. Sesudah itu barulah jadikan satu kandang agar kawin.



Tips Menjodohkan Burung Lovebird Agar Berhasil


Anda dapat menjodohkan sepasang lovebird ketika usia mereka mencapai dewasa dan siap dikawinkan. Selain menjodohkan sepasang demi sepasang, Anda pun dapat mengawinkan lovebird dengan cara poligami ataupun berkelompok.

Menjodohkan secara poligami diyakini merupakan cara yang bisa menghasilkan dengan cepat. Penjodohan poligami dapat dilakukan dengan 1 jantan 2 betina, atau 2 jantan dengan 4 betina. Cara ini agak jarang dilakukan, karena umumnya lovebird hanya mau dengan satu pasangan saja.

Di samping cara poligami, dapat juga dilakukan penjodohan secara berkelompok dalam koloni yang berjumlah banyak. Cara ini cukup efektif jika Anda ingin mendongkrak produksi telur lovebird ternakan.

Secara umum, semua jenis lovebird dapat dijodohkan mulai usia kira-kira 8 bulan ke atas. Akan tetapi, direkomendasikan usia 1 tahun, baik jantan maupun betina.

Setelah mendapatkan lovebird yang akan dikawinkan, lakukan langkah teknis menjodohkan lovebird yaitu:

  • Dekatkan lovebird yang sudah siap dijodohkan.
  • Jika masih muda, dapat disatukan dalam satu kandang agar saling mengenal. Jika dewasa, dapat dipisah ke dalam kandang berbeda. Lalu diperkenalkan dengan cara menempelkan kandang dan biarkan melihat dulu. Setelah itu disatukan dalam satu kandang.
  • Jika lovebird sudah terlihat bercumbu, beradu paruh, atau menyisir bulu di kepala, artinya mereka sudah berjodoh.


Itulah ulasan tentang cara menjodohkan lovebird yang dapat Anda ikuti. Lakukan cara yang menurut Anda paling mudah atau paling sesuai dengan jenis lovebird yang dimiliki.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar