--> Skip to main content

Cara Membersihkan Layar LCD

Cara Membersihkan Layar LCD


Layar LCD baik itu laptop, televisi, notebook, monitor dan lain-lain memang sangat rentan terkena debu atau bekas sidik jari, sehingga mudah sekali terlihat kotor dan berdebu. 

Membersihkan layar LCD  memang terdengar simpel namun sangat penting untuk dilakukan.

Noda noda dan debu kotoran akan menempel pada layar laptop, apalagi layar jenis sentuh. Oleh karena itu, anda harus sering untuk membersihkan LCD minimal seminggu sekali.


Cara membersihkan Layar LCD Yang Baik dan Benar


Merawat layar LCD  haruslah sangat hati-hati agar tidak merusak permukaan layar LCD tersebut. 

Selain itu Anda harus mempersiapkan alat-alat yang digunakan membersihkan layar seperti notebook cleaning kit, kain microfiber dan alat pembersih telinga (cotton bud). 

Langsung saja, mari kita ikuti ulasan lengkap cara membersihkan LCD  dengan baik dan benar.

  • Pastikan gadget anda dalam keadaan mati dan tidak tersambung dengan listrik secara langsung.
  • Teliti setiap area layar  LCD yang terdapat debu dan kotoran.
  • Basahi kain microfiber dengan air, sehingga kain terasa agak lembab. Kemudian usap layar LCD menggunakan kain microfiber secara perlahan-lahan dan jangan ditekan terlalu keras.
  • Namun lebih baik Anda gunakan cairan khusus pembersih layar LCD yang dapat Anda beli toko online atau toko elektronik, semprotkan cairan langsung ke daerah LCD laptop dan kain microfiber.
  • Kemudian usap kembali LCD laptop menggunakan kain microfiber secara perlahan-lahan dengan gerakan melingkar.
  • Di bagian pinggir laptop yang biasanya sulit dijangkau kain gunakan pembersih telinga (cotton bud). Kelilingi bagian pinggir laptop secara merata.
  • Setelah selesai tunggu layar LCD sampai benar-benar kering dan anda bisa menggunakan gadget Anda kembali secara normal.
  • Untuk melindungi layar LCD dari kotoran debu kerikil atau baret-baret, anda bisa menggunakan screen guard untuk melindungi layar LCD laptop, TV, Notebook, Monitor dan lain-lain.

Screen guard ini hanyalah sebatas pelindung muka saja, jadi tetap diperlakukan sama yakni pembersihan secara berkala. 

Jika Anda malas untuk membersihkan LCD gadget Anda, maka debu yang menempel pada layar LCD akan mengganggu tampilan layar LCD anda. 

Selain itu, anda juga perlu untuk membersihkan keyboard  agar tidak kemasukan kotoran sehingga bisa mengganggu aktifitas anda.

Demikianlah artikel mengenai cara membersihkan layar LCD komputer dengan baik dan benar. Jangan lupa untuk mengurangi aktivitas pembersihan ini minimal seminggu 1 kali agar layar laptop, TV, Monitor Anda  terlihat bersih dari debu dan kotoran. 

Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari cara untuk merawat barang-barang yang memiliki layar LCD dengan baik. 

------------------------







Tag :

membersihkan layar lcd dengan minyak kayu putih, cara menghilangkan jamur di dalam monitor lcd, membersihkan layar laptop dengan tisu basah, cara membersihkan layar laptop yang tergores, membersihkan layar laptop dengan alkohol, cairan pembersih monitor, untuk membersihkan monitor lcd yang kotor sebaiknya menggunakan, cara membersihkan lcd hp.