--> Skip to main content

Cara Membuat Disinfektan Spray dari Pemutih Pakaian

Membuat Disinfektan Spray dari Pemutih Pakaian



Cara Membuat Disinfektan Spray dari Pemutih Pakaian - Berikut Ini Merupakan Cara Membuat Disinfektan Spray dari Pemutih Pakaian guna mencegah penyebaran virus corona. 





Banyak cara yang dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona. Selain menjaga daya tahan tubuh kita juga menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Tak hanya dengan menggunakan sabun dan handsanitizer saja, disinfektan juga diperlukan.

Guna mencegah penyebaran virus corona benda-benda yang sering kamu sentuh terlebih dulu dibersihkan menggunakan disinfektan.

Selain membeli di toko-toko atau supermarket, kita juga bisa membuat disinfektan sendiri di rumah dengan bahan yang lebih murah. Ternyata, cairan pemutih baju yang mengandung klorin dapat digunakan sebagai disinfektan yang cukup ampuh membunuh kuman berbahaya.

Tetapi, untuk menggunakannya kita  tidak bisa langsung menyemprotkan cairan pemutih ke benda-benda. Pertama-tama kita harus mencairkan cairan pemutih tersebut. Dan cairan disinfektan ini tidak boleh digunakan untuk membersihkan makanan.

Menurut Centers for Disease Control (CDC) kita bisa mencegah penyebaran virus menggunakan campuran cairan pemutih yang telah dilarutkan dengan perbandingan 1:9 sebelum akhirnya disemprotkan pada permukaan dan benda-benda yang mungkin terpapar virus.

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat disinfektan:



  • Botol semprot (spray) plastik atau botol kaca yang memilki penutup
  • Gelas pengukur (jika ada)
  • Cairan pemutih pakaian
  • Air


Cara Pembuatan disinfektan dari Pemutih Pakaian:


  1. Siapkan 100 ml cairan pemutih dan air 900 ml
  2. Tuang pemutih secara hati-hati ke dalam botol semprotan,
  3. Tambahkan air 
  4. Tutup botolnya denagn penutupnya
  5. Kocok-kocok botol tersebut agar air dan pemutihnya tercampur.
  6. Siap digunakan.


Jika ada cairan pemutih yang mengenai bagian kulit, segera lap dengan kain lembab. jangan pernah menambahkan bahan lain ke dalam larutan disinfektan ini.

Bila larutan disinfektan sudah jadi, hindarkan dari panas, sinar matahari, dan penguapan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar