--> Skip to main content

Cara Mencuci Tangan Yang Benar Untuk Mencegah Infeksi COVID 19

WHO menyarankan cara pencegahan terhadap virus corona adalah  mencuci tangan sesering mungkin. Cara ini disarankan karena mencuci tangan secara benar, teratur dan menyeluruh akan membunuh virus yang mungkin ada di tangan.     Cuci tangan merupakan langkah mudah dan aman untuk melindungi diri dari virus corona atau COVID-19. Tetapi, seperti apakah  cara mencuci tangan yang benar.


Cara Mencuci Tangan Yang Benar Untuk Mencegah Infeksi COVID 19 atau virus Corona - WHO menyarankan cara pencegahan terhadap virus corona adalah  mencuci tangan sesering mungkin. Cara ini disarankan karena mencuci tangan secara benar, teratur dan menyeluruh akan membunuh virus yang mungkin ada di tangan.


Cuci tangan merupakan langkah mudah dan aman untuk melindungi diri dari virus corona atau COVID-19. Tetapi, seperti apakah  cara mencuci tangan yang benar.


Berikut ini merupakan cara mencuci tangan yang benar untuk mencegah terinfeksi COVID 19 yang direkomendasikan WHO :


  • Basahi tangan dengan air. 
  • Tuang sabun pada tangan secukupnya untuk menutupi semua permukaan tangan. 
  • Gosok telapak tangan yang satu ke telapak tangan lainnya. 
  • Gosok punggung tangan dan sela jari. 
  • Gosok punggung jari ke telapak tangan dengan posisi jari saling bertautan. 
  • Genggam dan basuh ibu jari dengan posisi memutar. 
  • Gosok bagian ujung jari ke telapak tangan agar bagian kuku terkena sabun.
  • Gosok tangan yang bersabun dengan air mengalir. 
  • Keringkan tangan dengan lap sekali pakai.


Apabila dalam keadaan tidak dapat menggunakan air dan sabun untuk membersihkan tangan, solusi lainnya adalah gunakan hand sanitizer. 

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan untuk menggunakan hand sanitizer yang berbasis setidaknya 60 persen alkohol. 

Walau dapat membantu mengurangi jumlah kuman di tangan dengan cepat, hand sanitizer tidak dapat menghilangkan semua jenis kuman, tidak seefektif saat mencuci tangan. 

Hand sanitizer juga tidak dapat menghilangkan kotoran dan minyak di tangan. Cara menggunakan hand sanitizer cukup mudah. Setelah mengoleskan gel pada tangan, gosok permukaan tangan, jari, dan sela-sela jari hingga tangan mengering.