--> Skip to main content

Cara Membasmi Hama Pada Tanaman Jagung




Cara Membasmi Hama Pada Tanaman Jagung. Walaupun budidaya jagung lumayan gampang serta menjanjikan, tetapi bukan berarti tanaman jagung leluasa akan serangan hama. 

Berbagai ragam hama serta penyakit tumbuhan jagung dapat mengancam keberhasilan budidaya jagung apabila tidak ditangani dengan pas. 

Oleh sebab itu kali ini kami hendak menuliskan kiat menanggulangi hama serta penyakit tumbuhan jagung yang dapat Anda peruntukan bahan pendidikan buat menanggulangi serbuan hama serta penyakit pada tumbuhan jagung Anda.

Jagung adalah salah satu tumbuhan palawija yang lumayan banyak dibudidayakan sampai saat ini. Permintaan pasar akan  jagung lumayan besar mengingat jagung merupakan makanan pokok bagi sebagian daerah di Indonesia serta olahan makanan dari jagung sangatlah banyak serta bermacam-macam. Oleh sebab itu membuat para petani tertarik untuk membudidayakan jagung di lahan mereka.

Tumbuhan jagung memang dapat hidup disepanjang tahun, tetapi demikian tumbuhan jagug sesungguhnya hanya sesuai ditanam di peralihan waktu hujan ke kemarau ( Pancaroba) dimana hasilnya dapat lebih maksimal dibandingkan bila anda menanam jagung dimusim penghujan. 

Buat perawatan tumbuhan jagung sendiri juga sangatlah gampang bila dibandingkan dengan tumbuhan yang lain. Perihal ini pula membuat bayaran tanam jagung menjadi lebih hemat.

Dikutip dari ilmubudidaya.com, berikut merupakan cara mengatasi berbagai hama pada tanaman jagung.


1. Cara Membasmi Hama Ulat Pada Tanaman Jagung.

Sesuai dengan namanya kalau ulat ini hanya menyerang pada bagian daun muda tanaman jagung. Umumnya berlangsung pada tumbuhan jagung yang umurnya masih muda( kurang dari 1 bulan). Ulat ini dapat menyerang pada pagi, siang, sore ataupun malam.

Tetapi seperti ulat yang lain dia lebih aktif di sore sampai pagi serta memilih bersembunyi disiang hari karna takut kan terik matahari.

Untuk menghindari serbuan ulat daun maka anda hendaknya menyemprotkan insektisida sistemik berbahan aktif imadikoplorid.

Tetapi, Bila telah berlangsung serbuan diambang batasan, maka pakai insektisida translaminar berbahan aktif metomil maupun kontak berbahan aktif sipermetrin disemprotkan menggunakan pelekat pada sore hari( dibawah jam 4 sore).


2. Cara Membasmi Hama Uret Pada Tanaman Jagung.

Uret ialah salah satu hama amat mengganggu yang menyerang tumbuhan jagung mulai dari tumbuhan usia muda sampai tumbuhan berumur sekalipun. Uret merupakan larva serangga yang memakan pangkal tumbuhan. Uret ini aktif pada waktu pagi sampai sore hari.

Langkah terbaik buat mengendalikan hama uret yakni dengan penangkalan mengenakan insektisida tabur khusus uret bersama pemberian pupuk dasar. Diharapkan larva- larva serangga pemakan pangkal jagung bakal mati saat sebelum tumbuhan jagung ditanam.

Apabila anda mendapatkan banyak tumbuhan yang mati dengan pangkal lenyap dimakan uret, maka anda dapat memakai insektisida tabur khusus uret ( Marshal/ Diazenon). Bubuk insektisida ini dilarutkan dalam tangki kocor 40 L( 2 sendok/ tangki). Sehabis itu larutan dikocorkan pada pangkal tumbuhan jagung.

Cara ini sesungguhnya bakal memakan banyak waktu bila jumlah jagung yang anda tanam sangatlah banyak. Maka dari itu langkah penangkalan sedari dini merupakan kunci pengendalian hama uret.


3. Cara Membasmi Hama Pengerek Batang Pada Tanaman Jagung.

Penggerek batang merupakan serangga yang bentuknya sangat mirip dengan ulat. Ukurannya sangat kecil dan ia menyerang batang muda tanaman dengan cara melubanginya dan masuk kedalam batang lalu memakan bagian dalam batang. Akibatnya batang keropos dan mudah busuk atau patah.

Untuk mencegah serangan hama penggerek batang maka saat tanaman jagung sudah mencapat tinggi 20 cm lakukanlah penyemprotan insektisida sistemik berbahan akatif imadikolplorid secara rutin (7-10 hari sekali).

Jika serangan penggerek batang terjadi diatas amabng batas wajar, maka anda perlu untuk segera mengatasinya dengn menyemprotkan insektisida.

Karena posisinya yang tersembunyi didalam batang, maka biasanya insektisida kontak tidak akan terlalu efisien, gunakanlah insektisida translaminar berbahan aktif metomil atau insektisida sistemik berbahan aktif imadikoplorid. Baca juga Cara Budidaya Mentok secara Intensif


4. Cara Membasmi Hama Ulat Tongkol Jagung.

Ulat ini menyerang bagian tonggol jagung dam memakan bagian biji yang masih muda dan empuk. Akibatnya tonggol yang berlubang bisa menjadi busuk dan menyebakan biji-biji jagung muda pada tonggol tersebut ikut membusuk.


Pencegahan ulat tonggol ini ialah dengan insektisida sistemik setiap 8-10 hari sekali. Untuk mengatasi serangan diatas ambag wajar, maka gunakan insektisida translaminar berbahan aktif metomil lalu disemprotkan pada bagian tonggol



Demikianlah cara mengatasi berbagai hama pada tanaman jagung. Semoga bermanfaat untuk menunjang pertanian jagung anda.


------------





Tag : cara membasmi ulat grayak pada jagung, hama belalang pada tanaman jagung, pestisida yang digunakan pada tanaman jagung adalah pestisida untuk membunuh, aplikasi furadan pada jagung, ulat tanah pada jagung, pestisida untuk jagung, insektisida penggerek batang jagung, insektisida folidol






referensi : https://ilmubudidaya.com/cara-mengatasi-hama-dan-penyakit-tanaman-jagung
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar