--> Skip to main content

Cara Menanam Bawang Merah

Cara Menanam Bawang Merah. Alat dan bahan untuk menanam bawang merah dan proses cara menanam bawang merah dan Perawatannya serta cara panen bawang merah.



Cara Menanam Bawang Merah - Bawang merah merupakan salah satu bumbu masak yang digunakan di hampir setiap segala jenis masakan. Selain digunakan sebagai bumbu, bawang merah juga sering digunakan sebagai tanaman herbal untuk pengobatan misalnya masuk angin pada bayi.

Harga bawang merah di pasaran terkadang melambung tinggi ketika mendekati Hari Raya akibat banyaknya permintaan pasar. Dengan banyaknya manfaat dari bawang merah ini, serta harganya yang selalu naik tak ada salahnya jika kita menanamnya sendiri di rumah untuk berhemat.


Cara Menanam Bawang Merah di Pot/Polybag.




Untuk cara menanam bawang merah di lahan sempit cukup menyiapkan pot atau polybag yang disimpan di halaman rumah Anda yang nantinya bisa disusun ke atas mirip rak, atau bisa juga digantung di tembok.

Untuk cara menanam bawang merah tidaklah sulit. Berikut bahan-bahan yang harus disiapkan untuk menanam bawang merah serta proses cara menanam bawang merah itu sendiri.


Alat dan Bahan untuk Menanam Bawang Merah.


Berikut bahan-bahan yang harus disiapkan untuk cara menanam bawang merah ala rumahan :


  • Pot
  • Tanah subur ( lebih baik gunakan tanah humus )
  • Pupuk.
  • Bibit bawang merah


Cara Menanam Bawang Merah dan Perawatannya.


Setelah semua bahan telah siap, saatnya masuk ke proses penanaman bawang merah. Berikut langkah-langkah proses untuk cara menanam bawang merah di rumah :


  1. Siapkan pot dan tanah subur sebagai media tanamnya. Campurkan sedikit pupuk ke dalam tanah tersebut.
  2. Pilih bawang yang bagus untuk bibit. Hindari bawang merah yang sudah memiliki bercak hitam, karena bisa mengakibatkan penyakit. Piling bawang merah tua yang memiliki ciri fisik sedikit kering dan terkadang sudah memiliki sedikit daun yang muncul.
  3. Potong bagian ujung bawang merah sedikit saja. Kalau sudah ada daun di bawang merahnya, tidak usah dipotong.
  4. Letakkan beberapa siung bawang merah di pot. Letakkan beberapa siung bawang merah yang sudah dipilih dan dipotong tadi ke dalam pot. 
  5. Taruh di kedalaman 5 hingga 7 cm di dalam tanah, lalu timbun. Saat menimbunnya jangan ditekan.
  6. Siram bawang merah yang sudah ditanam setiap pagi dan sore. Jangan sampai air menggenang dalam pot atau polybag.
  7. Berilah pupuk agar bawang merah tumbuh subur. Sebaiknya gunakan pupuk organik. Untuk membuat pupuk organik silahkan baca :  Cara Membuat Pupuk Organik Cangkang Telur.


Cara Panen Bawang Merah.


Bawang merah dapat dipanen setelah 60 – 90 hari. Tanda-tanda bawang merah yang sudah dapat dipanen adalah ketika bawang merah di pot atau polybag memiliki daun yang layu dan sedikit kering. 

Bawang merah yang sudah dipanen sebaiknya dijemur 1 – 2 minggu, agar kandungan airnya berkurang. Sehingga bawang merah menjadi lebih awet saat disimpan.
Itulah cara budidaya bawang merah di pot/polybag di rumah lengkap dari bahan yang diperlukan untuk menanam bawang merah di pot sampai cara menanam serta panennya.





Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar