--> Skip to main content

Cara Mengatasi Nyala Api Kompor Gas Berwarna Merah

Cara Mengatasi Nyala Api Kompor Gas Berwarna Merah




Cara Mengatasi Nyala Api Kompor Gas Berwarna Merah - Kompor gas yang normal biasanya akan mengeluarkan api yang berwarna biru, itu menandakan api tersebut nyala dengan panas yang maksimal. 

 Meskipun api menyala tidak terlalu besar, namun apabila warnanya biru, dapat  dipastikan api tersebut lebih panas dibanding dengan api yang warna merah.

Selain itu, kompor gas dengan api merah dapat membuat proses memasak jadi lebih lama, dan menimbulkan bekas gosong di bagian bawah panci yang Anda gunakan untuk memasak.

Api kompor gas berwarna merah umumnya disebabkan oleh dua kemungkinan, yakni kompor gas kotor atau gas sudah mulai habis. 

Perlu kita ketahui, kompor gas juga perlu perawatan agar bisa digunakan sebagai mana fungsinya secara optimal. Kompor gas yang kotor sering kali menimbulkan berbagai macam masalah, salah satunya warna api berubah jadi kuning atau kemerahan. 

Sisa makanan dan minyak akibat dari proses memasak adalah sumber dari kenapa kompor gas bisa kotor. Terlebih jika Anda tidak rajin membersihkannya setiap selesai pemakaian.

Selain itu, warna api yang merah biasanya juga menandakan jika gas pada tabung sudah mulai habis. Oleh sebab itu, jika kompor gas Anda warna api-nya merah, periksa juga apakah gas yang ada di tabung masih atau tidak.

Kompor gas mengeluarkan api merah menunjukkan bahwa kompor gas tersebut perlu perhatian lebih, salah satunya perlunya perawatan. 

Berikut cara mengatasi Kompor gas dengan nyala api merah :


1. Pastikan gas dalam tabung masih banyak.

Sebelum melakukan perawatan juga periksa terlebih dahulu apakah gas yang ada di dalam tabung masih atau sudah habis. Coba ganti dengan tabung baru yang penuh, apabila kompor gas masih menyala merah berarti Anda harus segera bersihkan kompor gas Anda.


2. Cuci bagian tungku kompor gas.

Setelah dipastikan gas dalam tabung masih banyak tetapi kompor gas masih merah berarti Anda harus membersihkan beberapa komponen kompor gas, seperti : burner dan tungku menggunakan sabun.

Tujuannya tidak lain agar noda atau kotoran minyak yang menempel bisa bersih, karena tentu ini tidak cukup jika hanya Anda cuci biasa.

Baca juga : Cara Membersihkan kerak Pada Tungku Kompor Gas.
 

3. Bersihkan body kompor gas.

Sedangkan untuk bagian body atau yang tidak memungkinkan di cuci dengan air, Anda bisa membersihkannya menggunakan krim anti noda lagu menggosoknya. 

Jangan lupa untuk selalu membersihkan body atau sekitar kompor gas setiap selesai memasak, agar kompor gas selalu tampak bersih. Sedangkan untuk perawatan kompor gas secara menyeluruh bisa Anda lakukan setiap seminggu sekali.






Itulah cara mengatasi kompor gas dengan nyala api merah. Api kompor gas yang berubah warnanya jadi merah itu disebabkan karena tungku atau burner ( tempat keluarnya api ) kotor. Sehingga, untuk mengatasinya hanya perlu dilakukan perawatan yakni dibersihkan. Akan tetapi, gas yang sudah mulai habis biasanya juga dapat menyebabkan api pada kompor gas berwarna merah. Oleh sebab itu, sebelum melakukan perawatan juga periksa terlebih dahulu apakah gas yang ada di dalam tabung masih atau sudah habis.

*********


Tag : cara memperbaiki kompor gas hock api merah, cara memperbaiki kompor gas rinnai api kecil, cara menyetel api kompor gas rinnai, api kompor gas warna kuning, api kompor gas terlalu besar, kompor gas baru api merah, cara membersihkan burner kompor gas, cara membersihkan kompor gas.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar