--> Skip to main content

Cara Membuat Cairan Pembasmi Rumput Liar Yang Menggangu

Cara Membuat Cairan Pembasmi Rumput Liar. Tips cara membuat cairan yang berguna untuk membasmi rumput liar yang tumbuh di halaman rumah.

Cara Membuat Cairan Pembasmi Rumput Liar

Monstutor.com. Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu luang membersihkan halaman rumah tentu akan merasa jengkel dengan kehadiran rumput liar di halaman rumah. Terutama disaat musim penghujan, dengan suburnya rumput liar tumbuh dengan pesat.

Dengan tumbuhnya rumput liar di halaman rumah tentunya akan membuat rumah tampak kotor dan tidak enak dilihat.

Beberapa orang menghilangkan rumput dengan cara memangkasnya, mencabutinya, atau menggali dengan cangkul. Namun hal tersebut sangat menyita waktu dan tenaga. 

Sebenarnya ada cara untuk membasmi rumput-rumput liar di sekitar rumah hanya dengan membuat cairan dari bahan-bahan yang tersedia di dapur kita.

Dengan menggunakan cairan tersebut rumput yang tadinya hijau akan berubah menjadi kuning kering dan mati. 

Anda mungkin tertarik membuat cairan pembunuh rumput tersebut? berikut ini caranya:


Alat dan bahan:

  • Semprotan
  • cuka
  • sabun cair pencuci piring


Cara membuat:

  • Tuangkan cuka ke dalam semprotan
  • Teteskan 3 atau 4 sendok besar sabun (cair) yang biasa untuk mencuci piring. 
  • Semprotkan Cairan yang ada dalam semprotan ke  rumput-rumput liar di sekitar rumah anda.


Lakukan penyemprotan sekali seminggu, dan In sya Allah rumput hijau telah jadi cokelat (mati). lalu anda tinggal menggali sisa rumput yang mati dengan cangkul mencangkul. Angkar rumput yang sudah mati akan sangat mudah dilepas dari tanah, jadi tidak diperlulkan tenaga ekstra untuk menggali.

Cuka mengandung asam asetat dan asam asetat adalah bisa membunuh sebagian besar jenis tanaman. Sabun untuk mencuci piring akan bertindak sebagai perekat cuka itu, sehingga perlu dipastikan saat cairan disemprotkan harus lengket pada tanaman.