--> Skip to main content

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak. Tips tentang bagaimana cara orang tua agar nafsu makan anak meningkat agar tidak mengganggangu fase pertumbuahan anak.

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Monstutor.com. Setiap orang tua pasti merasa khawatir jika tidak mau makan, apalagi buah hati tersebut lama kelamaan berat badannya semakin turun.

Tentu sebagai orang tua tidak hanya diam saja, pasti mencari segala cara agar anak mempunyai nafsu makan yang baik.

Setiap anak pasti akan mengalami fase dimana ia sulit makan, dan sebagai orang tua harus mempunyai kreatifitas agar anak dapat memiliki nafsu makan yang baik.

Orang tua juga harus mencari penyebab utama anak tidak nafsu makan, apakah karena sakit, karena trauma atau sebab yang lainnya.

Dengan menunggu penyebabnya ini, selanjutnya tinggal memperbaiki solusi yang terbaiknya.

Jangan dibiarkan anak anda sampai tidak makan, anak merupakan fase pertumbuhan dan perkembangan sehingga sangat membutuhkan nutrisi dan nutrisi yang banyak. Bila kekurangan gizi maka pertumbuhannya dan perkembangannya pun tidak akan terganggu.

Bila anak sulit makan, minimal diberi vitamin pendukung entah itu susu, vitamin atau yang lainnya. Tapi, kitapunya memiliki beberapa tip untuk anda para orang tua, agar buah hati anda nafsu makannya kembali membaik bahkan meningkat dari sebelumnya.

Agar nafsu makan anak meningkat silahkan ikuti beberapa cara meningkatkan nafsu makan anak yang sudah kami rangkum, yaitu:


1. Beri anak makanan favoritnya.

Cara ini perlu dicoba untuk meningkatkan nafsu makan buah hati anda, caranya adalah dengan memberi ia makanan yang paling disukainya. Untuk menambah nilai gizi, bisa anda tambahkan beberapa makanan sehat didalam makanan tersebut.


Misalkan saja, ramah anak anda suka sekali dengan nugget, maka tambahkan beberapa sayuran di dalam adonan negget tersebut. Sehingga gizi yang terkandung didalam nugget akan bertambah. Ingat ya, lebih baik buat sendiri nuggetnya pilih beli. Pasti lebih aman dan terjamin kualitasnya.


2. Atur waktu makan anak.

Cara kedua untuk meningkatkan nafsu makan anak adalah dengan membina waktu makan anak. Dengan begitu akan membiasakan buah hati untuk makan secara teratur pada jam-jam tertentu.

Selain itu juga rasa lapar yang pas akan membuat ia lahap dalam menyantap makanan. Berbeda dengan Anda sewaktu-waktu memberi makan buah hati anda, jam 7 pagi anda beri dia sarapan. Kemudian jam 9 sudah diberi lagi.

Pasti ketika jam 9 tersebut, anak belum terlalu lapar sehingga ia tidak lahap dalam menyantap makanan yang anda berikan.

Berbeda lagi ketika Anda membuat jadwal teratur, artinya Anda memberi makan buah hati Anda ketika ia sudah mulai lapar. Ingat ya, mulai lapar bukan sampai kelaparan. Kalau kelaparan itu namanya orangtua yang ngak tahu diri, he he.


3. Buat Suasana makan jadi menyenangkan.

Sebagian besar anak pasti akan merasa senang suasana disekitarnya juga menyenangkan, untuk meningkatkan nafsu makan dan mencoba buatlah suasana sekitar menjadi menyenangkan, misal saja makan bersama sekeluarga, atau undang teman-teman si dia untuk makan bersama.

Pasti anak akan makan lebih lahap dari biasanya, jadi cara ini dapat anda gunakan sebagai alternatif ramah anak anda susah untuk makan. Jangan sekali-kali anda membuat anak anda sedih, misal saja anda marahi karena nakal.

Kalau sudah sedih begini, biasanya anak akan lebih sulit untuk makan. Jadi, jangan sembarangan memarahi anak, apalagi sampai memukul atau bertindak kekerasan.


4. Berekperimen dengan makanan.

Cara yang keempat yang mungkin bisa Anda coba untuk meningkatkan nafsu makan anak adalah dengan berinovasi terhadap makanan.

Misal saja, cobalah untuk membuat nasi kuning yang dibentuk aneka hewan, atau bisa juga membuat sosis seperti ular dan lain sebagainya. Intinya buatlah makanan semenarik mungkin, sehingga anak akan tertarik untuk memakannya.


5. Ajak anak agar lebih banyak beraktivitas.

Membiarkan anak didalam rumah, tanpa beramain yang berhubungan dengan fisik sebenarnya kurang baik. Karena setiap bagian atau tubuh kita memerlukan gerakan untuk menjaga fungsinya.

Coba saja anda melaporkan, bila mobil tidak digunakan sama sekali selama 1 tahun apa yang terjadi? Mogok, ya sama komentar dengan manusia bila tidak digunakan maka juga akan sia-sia.

Jadi cobalan ajak anda untuk beraktivitas, bisa berolahraga, atau membantu pekerjaan anda. Dengan begitu, anak Anda lebih cepat lapar sehingga sangat lahap untuk menyantap makanan yang Anda hidangkan.


6. Beri anak hadiah.

Seorang anak sangat suka keanggotaan dikasih dengan hadiah, cobalah untuk meningkatkan nafsu makannya dengan hadiah. Hadiahnya pun tidak perlu mahal-mahal, ntar dia juga mengerti. Dengan di beri hadiah, biasanya anak akan menurut Anda.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar