--> Skip to main content

Tips Cara Agar Ikan Tidak Hancur Saat Digoreng

Tidak semua orang dapat menggoreng ikan dengan hasil yang baik dan sesuai yang diharapkan. Ternyata ada cara sederhana saat mengoreng ikan agar tidak lengket dan hancur. Lalu caranya bagaimana, simak ulasannya di bawah ini.

Tips Cara Agar Ikan Tidak Hancur Saat Digoreng


Monstutor.com. Ikan goreng merupakan menu makanan yang banyak digemari oleh semua orang karena rasanya sangat enak dan gurih ketika disajikan bersama dengan nasi putih dan sambal serta lalapan.

Namun, tidak jarang ikan yang di goreng menjadi hancur dan lengket di wajan serta hasilnya berantakan dan tidak menarik lagi.

Jika sudah seperti ini tentu saja selera makan menjadi menurun. Namun anda tidak perlu berkecil hati agar dapat menggoreng ikan yang renyah, empuk, serta enak dan tidak lengket diwajan.

Berikut ini merupakan tips cara sederhana saat mengoreng ikan agar tidak lengket dan hancur, yaitu:


1. Gunakan minyak goreng yang baru dan wajan bersih.

Saat menggoreng ikan gunakan minyak yang baru serta kondisi wajan dalam keadaan bersih,walaupun terlihat sederhana banyak orang yang menyepelekan hal ini. Sehingga ikan yang di goreng hasilnya hancur dan lengket, karena wajan yang bersih dapat mencegah dan menghindarkan ikan menjadi lengket.

Apabila sobat menggunakan wajan yang kotor selain mempengaruhi rasa ikan juga dapat membuat bentuk ikan menjadi berantakan dan hancur ketika di balik.

Demikian juga dengan memakai minyak yang masih baru dapat membuat rasa ikan menjadi lebih gurih,renyah dan enak.

Itulah pentingnya menggunakan minyak goreng yang baru bila di bandingkan dengaakan minyak goreng yang sudah lama di pakai.


2. Kondisi minyak goreng harus panas.

Untuk Langkah kedua adalah pastikan kondisi minyak goreng sudah cukup panas ketika ikan di masukkan ke dalam wajan.

Apabila sobat memasukkan ikan ke dalam minyak yang belum cukup panas maka kemungkinan hasil ikan yang di goreng menjadi lengket dan mudah hancur.

Selain itu apabila minyak kurang panas dapat menyebabkan ikan menyerap lebih banyak minyak ketika sudah matang sehingga membuat ikan menjadi tidak sehat.


3. Gunakan api sedang.

Saat menggoreng ikan hindarilah menggunakan api yang besar, karena jika api terlalu besar membuat suhu minyak menjadi sangat panas sehingga membuat ikan menjadi mudah gosong saat di goreng.

Begitu pula dengan api yang terlalu kecil dapat membuat ikan kering dan tidak cepat matang, jadi gunakan api yang sedang yaitu tidak terlalu panas dan terlalu hangat.


4. Alasi wajan dengan daun pisang.

Ini merupakan tips yang paling mudah dan gampang caranya yaitu panaskan wajan, lalu letakkan daun pisang didalam wajan kemudian tuangkan minyak goreng dan biarkan sampai minyak panas.

Setelah itu baru masukkan ikan untuk digoreng, dengan cara ini rasa ikan menjadi lebih wangi,sedap dan lebih enak.


5. Tambahkan perasan lemon ke edalam minyak goreng.

Cara selanjutnya adalah sobat dapat menambahkan perasan jeruk lemon kedalam minyak goreng di dalam wajan.

Hal ini bertujuan selain membuat minyak tidak muncrat juga dapat menambah rasa gurih dan dapat meminimalkan ikan tidak lengket di wajan, untuk takaran perasan jeruk lemon cukup beberapa tetes saja.


6. Lumuri ikan dengan Tepung 

Tips selanjutnya agar ikan tidak lengket saat ikan di goreng adalah dengan melumuri dengan tepung setelah ikan di bumbui sebelum di goreng.

Caranya lumuri seluruh badan ikan dengan tepung sampai merata, cara ini juga dapat membuat ikan menjadi lebih gurih serta crispy.

Selain itu tepung juga dapat membuat rasa menjadi lebih renyah di bagaian luarnya sehingga dapat menambah selera makan.


7. Balikan ikan setelah kering.

Ketika menggoreng jangan lupa untuk membolak-balik ikan yang terendam minyak setelah ikan tampak matang kecoklatan.

Hindari membalik ikan saat belum matang karena hal ini dapat membuat ikan menjadi hancur dan lengket di wajan, sehingga hasil gorengan menjadi berantakan.



Itulah beberapa tips sederhana dalam menggoreng ikan agar tidak hancur dan lengket di wajan. Semoga artikel sederhana ini dapat berguna dan bermanfaat.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar