--> Skip to main content

Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Google Chrome

Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Google Chrome - Ketika Anda mencari informasi di internet melalui Google Chrome, aktivitas pencarian ini pasti meninggalkan jejak berupa history. Jejak itu akan muncul sebagai saran pencarian saat kita mengetik keyword yang sama.

Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Google Chrome



Menghapus riwayat penelusuran dari peramban Google Chrome adalah cara baik untuk melindungi privasi Anda dari kemungkinan diketahui orang lain. Anda dapat menghapus sebagian atau seluruh riwayat penelusuran. Bila Anda telah masuk (sign in) ke Google Chrome menggunakan lebih dari satu perangkat atau komputer, perangkat atau komputer tersebut akan terpengaruh.

Riwayat pencarian merupakan salah satu privasi yang harus diperhatikan sebab dapat "dilihat" orang lain. Misalnya smartphone kalian sedang dipinjam oleh orang lain. Hal ini justru membuat kalian merasa tidak nyaman. Atau saat Anda melakukan browsing menggunakan PC atau Laptop di rumah yang juga digunakan oleh anggota keluarga lainnya.

Jika kata kunci (keyword) yang Anda cari di Google bersifat pribadi atau sensitif, sebaiknya history pencarian itu segera dihapus supaya tidak diketahui orang lain.

Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Google Chrome Android


Berikut Cara menghapus riwayat pencarian di Google Android yaitu :

  1. Buka aplikasi Google Chrome di ponsel Android, dan pastikan telah masuk (login) ke akun Google Anda
  2. Klik menu berupa titik tiga yg ada di sudut kanan atas layar
  3. Kemudian pilih opsi "History"
  4. Lalu klik "hapus data browsing".
  5. Di situ Anda akan melihat rentang waktu history yang hendak dihapus. Anda bisa memilih antara opsi satu jam terakhir, 24 jam terakhir, 7 hari terakhir, 4 minggu terakhir, atau sepanjang waktu.


Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Google Chrome  PC/Laptop


Berikut Cara menghapus riwayat pencarian di Google PC/Laptop yaitu :


  1. Buka Google Chrome di PC atau laptop dan pastikan telah masuk (login) ke akun Google Anda.
  2. klik tombol Customize and control Google Chrome (tombol dengan ikon tiga buah garis horisontal) yang terletak di sudut kanan atas
  3. kemudian pilih atau klik Settings. Dari halaman Settings yang muncul, di bagian sebelah kiri, Anda dapat melihat kolom dengan pilihan History, Extensions, Settings dan About. Klik atau pilih tautan (link) History dan kemudian klik tombol Clear browsing data
  4. Dari kotak dialog yang terbuka, Anda dapat menentukan terlebih dahulu bagian riwayat penelusuran yang ingin dihapus dengan memberi tanda centang, selanjutnya tentukan rantang waktu yang diinginkan dari kotak daftar drop-down dan kemudian klik tombol Clear browsing data untuk mulai menghapus.


Itulah cara menghapus riwayat pencarian di Google Chrome smartphone Android dan PC/Laptop yang dapat Anda lakukan. Semoga bermanfaat.







Tag: cara menghapus riwayat pencarian google di laptop, cara menghapus keyword pencarian di google, cara menghapus history youtube, cara melihat history google chrome, hapus aktivitas saya di google, cara menghapus history username, cara menghapus pencarian di youtube, chrome history.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar