--> Skip to main content

Cara Menghilangkan Belang di Wajah, Tangan dan Kaki

Cara Menghilangkan Belang di Wajah, Tangan dan Kaki

Cara Menghilangkan Belang di Wajah, Tangan dan Kaki.

Paparan sinar ultraviolet (UV) matahari dapat mengakibatkan kulit menjadi belang, terutama pada bagian wajah, tangan, dan kaki. Bagian tubuh yang sering terpapar sinar UV matahari cenderung lebih gelap dibandingkan bagian tubuh yang lain. 

Saat kulit terpapar sinar matahari, pigmen yang mengatur warna kulit dan rambut yaitu melanin, akan lebih banyak diproduksi. Melanin akan berkumpul untuk melindungi kulit yang terpapar sinar matahari dan membuat kulit menjadi lebih gelap.

Kulit belang akibat paparan sinar UV dari matahari bisa dihilangkan atau dikembalikan ke warna normal. Simak cara mengatasi belang pada kulit wajah, tangan dan kaki berikut ini:

1. Menggunakan Tabir Surya

Tabir surya atau Sunscree bisa kamu gunakan sebelum dan sesudah kulit belang. Sebab, tabir surya bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari dan mempercepat proses perbaikan warna kulit. 

Pilih tabir surya dengan Sun Protector Factor (SPF) minimal 30. Gunakan 15-30 menit sebelum beraktivitas di luar rumah, dan oleskan secara merata setiap 2 jam sekali. 

Bila perlu, kamu bisa menggunakan topi, baju lengan panjang, dan sarung tangan (jika mengendarai motor) agar kulit semakin terlindungi dari paparan sinar UV matahari.


2. Melakukan Scrubbing pada kulit belang.

Proses Eksfoliasi bisa dilakukan dengan teknik scrubbing, yaitu proses menggosok kulit tangan dan kaki dengan bahan yang memiliki butiran halus. Cara ini dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati dan mengembalikan warna kulit yang belang akibat paparan sinar UV matahari. Gunakan lulur yang memiliki butiran kasar secara rutin setidaknya 2-3 kali seminggu agar hasilnya maksimal.

3. Menggunakan Masker Alami

Selain pada wajah, masker juga bisa kamu gunakan untuk mengembalikan warna kulit tangan dan kaki yang belang. Gunakan masker alami ini setidaknya satu kali sehari agar hasilnya maksimal. Cara membuatnya cukup mudah, kamu hanya perlu menggunakan bahan-bahan alami seperti :

  • Masker tomat. Oleskan buah tomat yang sudah dipotong atau diolah menjadi jus pada kulit tangan dan kaki yang belang. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat.
  • Masker Kentang. Parut halus atau tumbuh kentang mentah, lalu oleskan pada kulit tangan dan kaki yang belang. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat.
  • Masker Madu. Oleskan madu murni pada kulit tangan dan kaki yang belang. Diamkan hingga kering, lalu bilas dengan air hangat.
  • MaskerYoghurt. Oleskan yoghurt tawar (tanpa rasa dan tanpa gula) pada kulit tangan dan kaki yang belang. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat.
  • Masker Beras dan minyak zaitun. Tumbuk halus beras dan campurkan dengan minyak zaitun. Oleskan secara merata pada kaki dan tangan yang belang, diamkan 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat.


Cara mengatasi kulit belang memang tidaklah mudah, lebih baik lakukan pencegahan. Hindari penggunaan produk pemutih sembarangan yang mengandung steroid atau merkuri yang berbahaya untuk kulit. 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar