--> Skip to main content

Cara Membuktikan Cahaya Terdiri Dari 7 Warna



Cara Membuktikan Cahaya Terdiri Dari 7 Warna. Pada abad ke 17, Isaac Newton menyadari bahwa cahaya putih (seperti cahaya matahari) benar-benar tersusun atas berkas-berkas cahaya dari warna-warna yang berbeda. Prisma kaca segitiga dapat memecah cahaya putih menjadi warna-warna penyusunnya. Newton menyebut kelompok warna ini sebagai spektrum warna. Warna tersebut terdiri dari 7 warna yang berbeda, yaitu :

  • Merah
  • Jingga
  • Kuning
  • Hijau
  • Biru
  • Nila
  • Ungu

Warna tersebut akan muncul akan terlihat pada pelangi. Pelangi biasanya muncul setelah hujan turun yang kemudian matahari muncul kembali. Ketika cahaya matahari menyinari titik-titik air di udara setelah hujan, terjadilah pembiasan dan pemantulan. 

Warna yang dipantulkan dari permukaan belakang titik-titik air itulah yang menghasilkan pelangi. Susunan warna pelangi hasil penguraian dan pembiasan oleh air tersebut dinamakan spektrum cahaya.


Cara Membuktikan Cahaya Terdiri dari 7 Warna

Apabila kamu ingin mengetahui tujuh warna pelangi tanpa harus menunggu munculnya pelangi, kamu bisa melakukan percobaan berikut, kemudian amatilah warna-warna tersebut!


Alat dan Bahan yang Digunakan:

  • Sebuah senter
  • Baskom yang tidak terlalu cekung
  • Karton putih
  • Air
  • Cermin

Alat dan Bahan yang Digunakan


Langkah Percobaan: 

1. Isilah baskom dengan air.

1. Isilah baskom dengan air.
2. Letakkanlah cermin dalam air dan pelan-pelan sandarkan secara miring ke sisi baskom.

2. Letakkanlah cermin dalam air dan pelan-pelan sandarkan secara miring ke sisi baskom.

3. Arahkanlah sinar senter ke air sehingga cahaya dapat dipantulkan oleh cermin yang ada dalam air.
4. Setelah cahaya dipantulkan oleh cermin, letakkan karton putih yang telah disediakan tepat di depan cermin untuk menangkap cahaya yang terpantul.

4. Setelah cahaya dipantulkan oleh cermin, letakkan karton putih yang telah disediakan tepat di depan cermin untuk menangkap cahaya yang terpantul.




Hasil Percobaan:

Dari percobaan yang kamu lakukan, kamu bisa melihat bahwa karton putih tersebut menangkap pantulan cahaya 7 warna pelangi. Cahaya yang dipantulkan oleh cermin mengalami refraksi, ketika keluar dari air. Sinar putih tidak direfraksikan dengan sudut yang sama dan sinar putih tersebut jatuh pada titik yang berbeda-beda sehingga menjadi terlihat warna-warna penyusunnya.


Kesimpulan :

Setelah melakukan percobaan tadi, kamu pasti dapat melihat dengan jelas warna-warna yang terdapat pada kertas putih. Berdasarkan percobaan itu, kamu juga dapat dengan jelas mengamati warna-warna pelangi. Warna pelangi terdiri dari tujuh macam warna. Warna itu timbul karena sinar yang berwarna putih dibiaskan dan diuraikan oleh air yang terdapat pada lampu senter. Nah, kira-kira samakah proses pembentukan warna pelangi dalam percobaan tadi dengan proses pembentukan pelangi yang sesungguhnya?

----------------------------------




Tag : 
sifat-sifat cahaya dan contohnya, sifat-sifat cahaya adalah, sifat-sifat cahaya kelas 4 sd, sifat cahaya merambat lurus, cahaya dapat dibiaskan contohnya, gambar cahaya dapat dipantulkan, sifat cahaya pada cermin, sifat cahaya pelangi.






 

Sumber : wawasanku.blogspot.com

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar